“Kesalahan dalam Penggunaan Kolokasi Bahasa Arab pada Keterampilan Menulis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta”

Khairunnisa, . (2016) “Kesalahan dalam Penggunaan Kolokasi Bahasa Arab pada Keterampilan Menulis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta”. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Khairunnisa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris mengenai bentuk kesalahan, jenis kesalahan dan persentasenya serta faktor-faktor penyebab terjadinya kesalahan penggunaan Kolokasi bahasa Arab pada keterampilan menulis mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta sejak bulan Maret hingga Juni 2016. Data penelitian ini berupa hasil keterampilan menulis dengan menggunakan kolokasi bahasa Arab dengan sumber data mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab sebanyak 30 orang, adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik analisis isi dan dengan prosedur penelitian sebagai berikut : mengumpulkan kesalahan yang terdapat pada lembar jawaban mahasiswa ; mendiagnosa bentuk-bentuk kesalahan ; mengidentifikasi dan mengklasifikasikan bentuk-bentuk kesalahan berdasarkan jenis-jenis kesalahan،yaitu : kesalahan jarang ,merata ,dan umum ; menjelaskan bentuk-bentuk kesalahan dan ; menjelaskan faktor-faktor penyebab terjadinya kesalahan. Berdasarkan analisis kesalahan berbahasa penggunaan kolokasi bahasa Arab dalam keterampilan menulis, hasil yang diperoleh adalah terdapat kesalahan merata pada kolokasi bahasa Arab dengan persentase 58,4% . Adapun sebab kesalahannya, antara lain: (1) Faktor bahasa berupa language transfer dan intralingual (2)faktor selain bahasa itu sendiri berupa tehnik mengajar dan materi serta situasi sosiolinguistik, modalitas, usia, kurang stabilitasnya “antarbahasa” seseorang, dan hirarki kesukaran yang semesta. Implikasi penelitian ini ialah dalam pengajaran bahasa Arab khususnya pada keterampilan menulis dan semantik. Dengan melakukan analisis kesalahan guru dapat mengetahui kesalahan jarang, merata dan umum yang dilakukan oleh siswa dalam penggunaan kolokasi bahasa Arab pada keterampilan menulis. Maka dari itu, para guru diharapkan untuk memperhatikan jenis kesalahan jarang, merata dan umum yang dilakukan oleh siswa kemudian menjelaskannya hingga mereka memahaminya dengan baik, dan diharapkan pula untuk menggunakan media yang sesuai dan metode serta teknik yang bagus dalam pengajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 29 Jan 2020 15:46
Last Modified: 29 Jan 2020 15:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3172

Actions (login required)

View Item View Item