PENGUJIAN KARAKTERISIK RANGKA KENDARAAN TYPE LADDER FRAME DAN TYPE MONOCOQUE UNTUK KENDARAAN JENIS PROTOTYPE DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE METODE ELEMEN HINGGA

Eko Deny Saputro, . (2016) PENGUJIAN KARAKTERISIK RANGKA KENDARAAN TYPE LADDER FRAME DAN TYPE MONOCOQUE UNTUK KENDARAAN JENIS PROTOTYPE DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE METODE ELEMEN HINGGA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI Eko Deny Saputro.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat rangka yang paling ringan dan kuat sesuai dengan persyaratan yang di berikan ole shell, penelitian ini juga bertujuan sebagai acuan bagi mahasiswa yang mengikuti ajang shell eco marathon untuk mendapatkan rangka yang ringan, kuat dan sesuai regulasi shell. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah menggunakan metode komputasi yang dikenal dengan Finite Element Analysis (FEA) dengan bantuan software Metode Elemen Hingga.Dimensi tinggi kendaraan 620 mm, jarak antara roda depan 600 mm, jarak antara sumbu roba depan dengan belakang 1430 mm, lebar kendaraan 680 mm, dan panjang kendaraan 2800 mm. Dimensi kendaraan sesuai dengan regulasi shell. Simulasi dilakukan pada rancangan type rangka yang berbeda yaitu rangka type leadder frame dengan bahan dasar allumunium hollow 50x30 mm tebal 2 mm, dan type monocoque dengan bahan dasar carbon fiber dengan tebal 5 mm. Keduanya diberi beban dan tahanan yang sama yaitu 500 N pada tempat duduk pengemudi, 700N pada roll bar, dan 200N pada tempat mesin. Tahanan pada rangka yaitu dibagian roda depan dan roda belakang. Hasil menunjukan bahwa rangka type monocoque adalah rangka paling ringan dan cukup kuat. Hal tersebut dapat dilihat dari Deformation dan dari nilai safety factor 3,4 serta memiliki berat 11,7 kg This research aims to create a framework of the most lightweight and robust in accordance with the requirements given ole shell, this study also aimed as a reference for students who follow the event shell eco marathon to get a lightweight frame, strong and appropriate regulation of the shell. The method used in this research is to use computational method known as Finite Element Analysis (FEA) with the help of software Finote Element Method. Dimensiion vehicle height of 620 mm, the distance between the front wheels 600 mm, the distance between the axis of the front to the rear wheels 1430 mm, width vehicle 680 mm, 2800 mm and the length of the vehicle. Dimensions of the vehicle in accordance with the regulatory shell. Simulations carried out on the design of different order types, namely order type leadder frame with hollow base material allumunium 50x30 mm 2 mm thick, and type monocoque carbon fiber with a base material with a thickness of 5 mm. Both were given the same load and resistance at 500 N in the driver's seat, 700N on the roll bar, and 200N on a machine. Prisoners in order that section front wheels and rear wheels. Results showed that the type monocoque frame is the lightest frame and strong enough. It can be seen from Deformation and of the value of safety factor of 3.4 and has a weight of 11.7 kg.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ahmad Kholil, ST, MT. ; 2). Ragil Sukarno, ST, MT.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 14626 not found.
Date Deposited: 13 Jul 2022 03:33
Last Modified: 13 Jul 2022 03:33
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31729

Actions (login required)

View Item View Item