ANNISA TRI AMBARETA, . (2016) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN JARINGAN DASAR KELAS X TKJ DI SMK TARUNA BHAKTI DEPOK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI_ANNISA TRI AMBARETA_5235127211.pdf Download (10MB) |
|
Text
JURNAL_ANNISA TRI AMBARETA_5235127211.pdf Download (925kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran Kooperatif tipe TSTS (Two Stay Two Stray) dan TGT (Teams Games Tournament) terhadap hasil belajar siswa kelas X TKJ pada matapelajaran Jaringan Dasar di SMK Taruna Bhakti. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Taruna Bhakti Depok, pada bulan Mei-Juni 2016. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Pretest-Posttest Design. Model pembelajaran Kooperatif tipe TSTS (kelompok eksperimen) diterapkan di kelas X TKJ 1 dan model pembelajaran Kooperatif tipe TGT (kelompok kontrol) diterapkan di kelas X MM 2. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X SMK Taruna Bhakti Depok tahun 2015/2016 yang berjumlah 80 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda (pretest dan posttest). Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan dimana model pembelajaran Kooperatif tipe TSTS lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran Kooperatif tipe TGT pada mata pelajaran Jaringan Dasar Kelas X TKJ di SMK Taruna Bhakti Depok. ***** This study aims to determine differences in learning model of Cooperative Learning type TSTS (Two Stay Two Stray) with model of Cooperative Learning type TGT (Teams Games Tournament) outcomes of students class X TKJ subject basic network in SMK Taruna Bhakti Depok. This research was conducted at SMK Taruna Bhakti Depok, in May-June 2016. This research using a quasiexperimental research design Nonequivalent Control group pretest-posttest design. Model of Cooperative learning type TSTS (experimental group) are applied in class X TKJ 1 and model of Cooperative learning type TGT (the control group) were applied in class X MM 2. The population in this study is a class X SMK Taruna Bhakti Depok year 2015/2016 which amounted to 80 students. The samples in this study using simple random sampling technique. The data collection technique using a multiple choice test (pretest and posttest). Based on these results, we can conclude that there are significant differences in learning outcomes in which the cooperative learning model type TSTS higher than cooperative learning model type TGT on the subjects of the Basic Network Class X TKJ SMK Taruna Bhakti Depok.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Drs. Ir. Ivan Hanafi, M.Pd. ; 2). Mochammad Djaohar, S.T.,M.Sc. |
Subjects: | Sains > Matematika > Ilmu Komputer |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer |
Depositing User: | Users 14626 not found. |
Date Deposited: | 12 Jul 2022 03:29 |
Last Modified: | 12 Jul 2022 03:29 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31754 |
Actions (login required)
View Item |