PENGARUH METODE INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP KETERAMPILAN BERDISKUSI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 85 JAKARTA

Khawa Rizma, . (2016) PENGARUH METODE INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP KETERAMPILAN BERDISKUSI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 85 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. Abstrac-khawa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5kB)
[img] Text
KHAWA_2115121441.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode inside outside circle terhadap keterampilan berdiskusi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 85 Jakarta. Populasi penelitian sebanyak dua kelas dengan jumlah 70 siswa. Metode yang digunakan, yaitu metode eksperimen. Desain penelitian ini menggunakan dua kelas yang diberikan pretest dan posttest. Berdasarkan uji hipotesis dengan menggunakan uji t. Hasil penghitungan, diperoleh thitung sebesar 7, dan diperoleh ttabel sebesar 1,67. Dari data tersebut dapat diperoleh hasil penelitian menerima H1, yaitu terdapat pengaruh metode inside outside circle terhadap keterampilan berdiskusi siswa. Nilai keterampilan berdiskusi pada kelas eksperimen mencapai 29,09. sedangkan kenaikan nilai pada kelas kontrol hanya mencapai 3,76. Metode inside outside circle dapat diimplikasikan pada kurikulum 2013 yaitu keterampilan berdiskusi sehingga dapat membantu siswa dalam bertukar informasi dengan teman. Saran penggunaan metode inside outside circle, guru harus dapat mengendalikan kelas dengan baik agar tidak terjadi keributan dan kegaduhan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Reni Nuryani, M.Pd. ; 2). Asep Supriyana, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 29 Jan 2020 16:06
Last Modified: 29 Jan 2020 16:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3176

Actions (login required)

View Item View Item