Dini Ayu Pratiwi, . (2018) PEMANFAATAN MUSEUM PERUMUSAN NASKAH PROKLAMASI DI JAKARTA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
3. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (506kB) |
|
Text
4. LEMBAR ORISINALITAS.pdf Download (477kB) |
|
Text
1. COVER.pdf Download (114kB) |
|
Text
2. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (146kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (158kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (89kB) |
|
Text
11. d. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (89kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (89kB) |
|
Text
11. b. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (775kB) |
|
Text
11. c. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (388kB) |
|
Text
11. a. BAB I.pdf Download (385kB) |
|
Text
14. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (167kB) |
|
Text
13. LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data mengenai Pemanfaatan Museum Perumusan Naskah Proklmasi Di Jakarta Sebagai Sumber Belajar Sejarah. Penelitian dilaksanakan di Museum Perumusan Naskah Proklmasi selama empat bulan dari Februari sampai dengan Juli 2018. Metode penelitian yang digunakan kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari wawancara dengan siswa, guru sejarah dan pengelola Museum Perumusan Naskah Proklamasi. Teknik analisis data dilakukan dengan deskriptif naratif atau analisis. Untuk keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa : (1) Semua koleksi yang terdapat di Museum Perumusan Naskah Proklamasi dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar sejarah karena disetiap koleksi memiliki nilai sejarah yang dapat dipelajari, (2) Pemanfaatan Museum Perumusan Naskah Proklamasi memberikan dampak positif bagi siswa, dengan melakukan kunjungan ke museum dapat menumbuhkan rasa ingin tahu yang besar, cinta tanah air dan menjadi alternatif pembelajaran di luar kelas, (3) Kendala yang dihadapi dalam memanfaatkan Museum Perumusan Naskah Proklamasi sebagai sumber belajar sejarah, yaitu petugas museum kurang melakukan sosialisasi kepada siswa, jarak yang jauh dari rumah siswa ke museum, siswa kurang memanfaatkan sumber belajar yang ada di museum, dan siswa tidak didampingi oleh guru saat melakukan kunjungan ke museum This research is intend to obtain data about Utilization Of Museum Perumusan Naskah Proklamasi in Jakarta As History Learning Sources. The research is held on the Museum Perumusan Naskah Proklamasi through four months from February until Juni 2018. The research method that used in this research is qualitative method with descriptive approach, with gathering data technique througt observation, interview with students, history teachers and manager of the Museum Perumusan Naskah Proklamasi. Data analysisntechnique is done by descriptive narrative or analiysis. For data validity is done by triangulation of data. The results of the study concluded that : (1) All of the collections that be found in Museum Perumusan Naskah Proklamasi can be use as history learning resources because in every collection had history value that can be learned or studied, (2) Ultilization of Museum Perumusan Naskah Proklamasi is giving a positive impact to students, with a visit to the museum can grow a big curiousity, love of the homeland and become alternative learning outside the classroom, (3) Constraint that faced in Ultilization of Museum Perumusan Naskah Proklamasi as history learning resources are lack of socialization to the students by the staff of the museum, distance away from the students house to the museum, lack of ultilization learning resources which is in the museum by the students and students are not accompanied by the teachers when visiting the museum.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Umasih, M.Hum ; 2). Dr. Nurzengky Ibrahim, MM |
Subjects: | Karya Umum > Organisasi Umum dan Museum |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Users 14626 not found. |
Date Deposited: | 13 Jul 2022 04:03 |
Last Modified: | 13 Jul 2022 04:03 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31762 |
Actions (login required)
View Item |