PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK PERIPANCA PADA PEMBELAJARAN PPKN SD TEMA PENGALAMANKU DI KELAS II SEKOLAH DASAR

Amelia Sindy Eka Fitriana, . (2019) PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK PERIPANCA PADA PEMBELAJARAN PPKN SD TEMA PENGALAMANKU DI KELAS II SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Kata Pengantar.pdf

Download (152kB)
[img] Text
Cover Halaman Depan.pdf

Download (179kB)
[img] Text
Abstrak - Abstract.pdf

Download (91kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan.pdf

Download (298kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (99kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (940kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (796kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text
Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk media pembelajaran berupa pop-up book Peripanca pada pembelajaran PPKn SD tema pengalamanku di kelas II Sekolah Dasar. Responden dalam pengembangan ini diantaranya, satu dosen ahli media, satu dosen ahli bahasa, satu dosen ahli materi, dan peserta didik kelas II SDN Ciracas 11 Pagi, Jakarta Timur sebanyak 32 peserta didik dengan rincian, 3 peserta didik pada tahap one to one evaluation, 6 peserta didik pada tahap small group, dan 23 peserta didik pada tahap field test. Metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan kuesioner. Hasil pada tahap uji ahli, untuk validasi materi produk memperoleh persentase 97%, untuk validasi bahasa memperoleh 84%, dan untuk validasi media memperoleh 96%. Hasil pada tahap uji coba lapangan untuk one to one evaluation memperoleh persentase 93%, untuk small group memperoleh 94%, dan untuk field test memperoleh persentase sebesar 98%. Media pop-up book Peripanca ini termasuk dalam kriteria sangat baik, sehingga layak digunakan sebagai media pembelajaran oleh peserta didik untuk mempelajari muatan PPKn pada tema pengalamanku di kelas II Sekolah Dasar. This research and development aims to produce a learning media product in the form of Peripanca pop-up book media for the learning of Pancasila and civics education with theme of my experience at second grade of elementary school. The respondents of this research were an expert media, an expert linguistics lecturer, an expert material lecturer, and 32 students of second grade in Ciracas 11 Pagi, East Jakarta, there were three students of one to one evaluation step, six students of small group step, and twenty three students of field test step. This research used Research and Development (R&D) method by Borg and Gall. Data collection was conducted using interview technique, observation, and questionnaire. Result on the expert test stage, for product material validation gained a percentage of 97%, for language validation gained 84%, and for media validation gained 96%. Result on the field trial, for one to one evaluation gained percentage of 93%, for small group gained 94%, and for field test gained 98%. The criteria of this Peripanca pop-up book media is very good, so it can be a learning media for students to learn Pancasila and civics education with theme of my experience at second grade of elementary school.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Otib Satibi, M.Pd ; 2). Dra. Iva Sarifah, M.Pd
Subjects: Ilmu Politik > Pancasila
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 14626 not found.
Date Deposited: 15 Jul 2022 00:54
Last Modified: 15 Jul 2022 00:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31792

Actions (login required)

View Item View Item