PENGARUH EFIKASI GURU TERHADAP STRES KERJA PADA GURU SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) DI JAKARTA

APRINI KUMALA SARI LUBIS, . (2018) PENGARUH EFIKASI GURU TERHADAP STRES KERJA PADA GURU SEKOLAH LUAR BIASA (SLB) DI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Aprini Kumala Sari Lubis (1125143053).pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi guru terhadap stres kerja pada guru Sekolah Luar Biasa (SLB) di Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Ada 160 subjek penelitian yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan efikasi guru alat ukur yang diadopsi dari hasil penelitian yang digunakan Anna Armaini Rangkuti dan Herdiyan Maulana sedangkan pegukuran stres kerja menggunakan alat ukur yang dimodifikasi dari Rezki Pratasiwi. Skala yang digunakan untuk mengukur efikasi guru adalah Teacher Sence Of Efficacy Scale (TSES), dan stres kerja menggunakan Teacher Stress Inventory (TSI). Hipotesis diuji menggunakan analisis regrisi. Hasil analisis data menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara efikasi guru terhadap stres kerja, ditunjukan dengan persamaan regresi Y= 204,091+ -0,206X yang artinya jika stres kerja mengalami penurunan, maka variabel efikasi guru mengalami penaikan. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh pengaruh efikasi guru terhadap stres kerja sebesar 3% dengan taraf signifikan sebesar -0,206 (p<0,05).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Fitri Lestari Issom, M.Si. ; 2). Dr.Herwanto, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FPP > S1 Psikologi
Depositing User: Users 212 not found.
Date Deposited: 06 Feb 2020 15:15
Last Modified: 02 Aug 2022 01:11
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3181

Actions (login required)

View Item View Item