KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MOHAMMAD NATSIR DAN APLIKASINYA (Studi Kritis Tentang Pemikiran Pendidikan)

Habilki Syahputra T, . (2016) KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MOHAMMAD NATSIR DAN APLIKASINYA (Studi Kritis Tentang Pemikiran Pendidikan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI HABIL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (801kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisa konsep Mohammad Natsir dalam pendidikan Islam. Mendeskripsikan konsep Mohammad Natsir yang terdapat di dalam karya-karya beliau maupun karya orang lain tentang konsep pendidikan Islam Mohammad Natsir dan bagaimana aplikasi dari konsep tersebut. Penelitian ini dilihat dari sifatnya kajian kepustakaan yang menggunakan metode Riset Kepustakaan (Library Research) melalui pendekatan deskriptif kualitatif yaitu menjelaskan dan mendeskripsikan pemikiran-pemikiran Mohammad Natsir tentang Pendidikan Islam, kemudian menganalisa pemikiranpemikiran tersebut sehingga dapat diketahui dan menjadi inspirasi wawasan keislaman bagi masyarakat dan khususnya sistem pendidikan islam yang ada saat ini. Secara keseluruhan penelitian ini menyimpulkan bahwa pendidikan khususnya pendidikan Islam menurut Konsep Mohammad Natsir hendaknya berdasarkan tauhid dan menjadikan manusia memperhambakan dirinya kepada Allah swt sebagai tujuan pendidikan islam. Adapun aplikasi konsep Pendidikan Islam Mohammad Natsir yaitu dengan didirikannya lembaga-lembaga pendidikan Islam seperti Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII). Dakwah sebagai sumber Daya manusia untuk menuju jalan Allah swt.Berdasarkan hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa konsep pendidikan Islam Mohammad Natsir bisa menjadi alternatif dalam memecahkan permasalahan pendidikan di Indonesia khususnya pendidikan Islam. This study aimed to describe and analyze the concept of Islam Mohammad Natsir in education. Describing the concept of Mohammad Natsir contained in the works of his and other people's work on the concept of Islam Mohammad Natsir education and how the application of the concept. This study views of its use study library using the Research Library (Library Research) with a qualitative descriptive approach is to explain and describe the thoughts Mohammad Natsir on Islamic Education, then analyze these thoughts that can be known and inspire an Islamic outlook for the public and in particular the Islamic education system that exists today. Overall, the study concluded that education, especially Islamic education according to Mohammad Natsir concept should be based on monotheism and made people enslave themselves to Allah as educational goals of Islam. The application of the concept of Islamic Education Mohammad Natsir namely the establishment of Islamic educational institutions such as the Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia (DDII). Preaching as a source of human power to go the way of Allah. Based on these results, shows that the concept of Islam Mohammad Natsir education can be an alternative in solving the problems of education in Indonesia, especially Islamic education.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Yusuf Ismail, M.Ag ; 2). Dr. Izzatul Mardhiah, M.A
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 14626 not found.
Date Deposited: 15 Jul 2022 08:29
Last Modified: 15 Jul 2022 08:29
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31820

Actions (login required)

View Item View Item