PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN KEMAMPUAN AWAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN TEKNIK LISTRIK DASAR PADA SISWA PROGRAM KEAHLIAN ELEKTRONIKA INDUSTRI SMK NEGERI 1 GUNUNG PUTRI

EKO HARYANTO, . (2016) PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN KEMAMPUAN AWAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN TEKNIK LISTRIK DASAR PADA SISWA PROGRAM KEAHLIAN ELEKTRONIKA INDUSTRI SMK NEGERI 1 GUNUNG PUTRI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1 SKRIPSI _ EKO HARYANTO_5115102609_PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi interpersonal dan kemampuan awal siswa terhadap hasil belajar teknik listrik dasar. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah menurunnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran produktif yang justru menjadi kelompok mata pelajaran utama yang merupakan gambaran kompetensi pada siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dalam hal ini mata pelajaran yang diteliti adalah mata pelajaran teknik listrik dasar. Penelitian yang dilakukan di SMK Negeri 1 Gunung Putri ini melibatkan 35 siswa kelas X program keahlian Elektronika Industri menjadi sampel penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif. pengumpulan data variabel komunikasi interpersonal menggunakan kuesioner. Variabel kemampuan awal digunakan teknik dokumentasi nilai ujian fisika dan matematika, serta variabel hasil belajar teknik listrik dasar menggunakan teknik tes yang dikerjakan secara langsung oleh siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi dan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara komunikasi interpersonal terhadap hasil belajar teknik listrik dasar siswa yang dibuktikan dengan nilai signifikansi regresi (Fhitung ) sebesar 37,64 lebih besar dari nilai Ftabel, dan signifikansi korelasi (thitung) sebesar 6,13, lebih besar dari nilai ttabel. Dengan presentase kontribusi sebesar 53,28%. 2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kemampuan awal terhadap hasil belajar teknik listrik dasar siswa yang dibuktikan dengan nilai signifikansi regresi (Fhitung ) sebesar 7,93, lebih besar dari nilai Ftabel, dan signifikansi korelasi (thitung) sebesar 2,82 lebih besar dari nilai ttabel. Dengan presentase kontribusi sebesar 19,38%. 3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara komunikasi interpersonal dan kemampuan awal terhadap hasil belajar teknik listrik dasar siswa yang dibuktikan dengan nilai signifikansi regresi (Fhitung ) sebesar 18,87, lebih besar dari nilai Ftabel, dan signifikansi korelasi (Fhitung) sebesar 19,46, lebih besar dari nilai Ftabel. Dengan presentase kontribusi sebesar 54,11% * This Research is aims to determinate the effect of interpersonal communication and entry behaviour to learning outcomes of basic electrical engineering. The problems insthis resesarch is the decline in the student learning outcomes in productive subjects became a major group of subjects which is representation the student competence in the vocational school (SMK), in this case the subject which will be observed is basic of electrical engineering subject. The research that has been conducted in SMK Negeri 1 Gunung Putri involeves 35 students of class X Industrial Electronics selected as samples of this research. The method used in this research is survey methode with quantitative approach. Data collection of Interpersonal communication variabel is using questionnaires. Entry behaviour variabel documentation techniques in data collection, and learning outcomes of basic of electrical engineering use test instrument. Data analysis tchnique using regresion analysis and correlation analysis. The result of this research is : 1) Interpersonal communication has a positive and significant effect to the learning outcomes of basic of electrical engineering subject as evidence by the significant value of regresion (Fhitung) at 37,64 greater than Ftabel value, and significant value of correlation (thitung) at 6,13, greater than ttabel value. With a percentage contribution of 53,28%. 2) 1) Entry behaviour has a positive and significant effect to the learning outcomes of basic of electrical engineering subject as evidence by the significant value of regresion (Fhitung) at 7,93 greater than Ftabel value, and significant value of correlation (thitung) at 2,82, greater than ttabel value. With a percentage contribution of 19,38%. 3) 1) Interpersonal communication and entry behaviour has a positive and significant effect to the learning outcomes of basic of electrical engineering subject as evidence by the significant value of regresion (Fhitung) at 18,87 greater than Ftabel value, and significant value of correlation (Fhitung) at 19,64, greater than Ftabel value. With a percentage contribution of 54,11%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Soeprijanto, M.Pd. ; 2). Dra. Ermi Media’s, M.Pd.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 14626 not found.
Date Deposited: 15 Jul 2022 09:15
Last Modified: 15 Jul 2022 09:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31832

Actions (login required)

View Item View Item