ANALISIS LITERASI DIGIAL PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT MELALUI PEMBELAJARAN JARAK JAUH DENGAN PLATFORM SEVIMA EDLINK

Widdy Widdya Astuti, . (2021) ANALISIS LITERASI DIGIAL PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT MELALUI PEMBELAJARAN JARAK JAUH DENGAN PLATFORM SEVIMA EDLINK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
5. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB 5.pdf

Download (0B)
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (0B)
[img] Text
3. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Text
4. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Text
1. COVER.pdf

Download (0B)
[img] Text
2. BAB 1.pdf

Download (0B)

Abstract

Pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia pada awal Maret 2020, telah mengubah segala aspek kehidupan masyarakat, salah satunya bidang pendidikan. Peralihan aktivitas dari offline ke online berdampak pada penggunaan smartphone dan internet yang semakin pesat. Kemajuan teknologi yang pesat membuat setiap individu dapat berkomunikasi dan mendapatkan informasi dengan sangat mudah dan cepat melalui media digital. Generasi muda perlu paham literasi di era digital, dengan harapan dapat memaksimalkan penggunaan TIK untuk lebih selektif dalam memanfaatkan dan mengelola informasi yang tersebar di media digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui literasi digital peserta didik pada pembelajaran larutan elektrolit dan non-elektrolit melalui pembelajaran jarak jauh dengan platform sevima edlink. Penelitian ini melibatkan 40 peserta didik kelas X MIPA 3 SMAN 50 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Sumber data yang didapatkan melalui analisis pendahuluan guru dan peserta didik, reflektif jurnal, lembar observasi, kuesioner literasi digital, dan wawancara. Dimensi literasi digital yang dianalisis pada penelitian ini, yaitu dimensi informasi, dimensi komunikasi, dimensi pembuatan konten, dimensi keamanan, dan dimensi pemecahan masalah. Hasil penelitian ini menunjukan literasi digital peserta didik pada dimensi informasi, dimensi komunikasi, dimensi pembuatan konten, dimensi keamanan, dan dimensi pemecahan masalah dikategorikan sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa literasi digital peserta didik kelas X MIPA 3 SMAN 50 Jakarta termasuk dalam kategori sangat baik. The Covid-19 pandemic that occurred in Indonesia in early March 2020, has changed all aspect of people’s live, one of them is in the field of education. The activity change from offline to online has an impact on the increasingly rapid use of smartphones and the internet. Rapid technological advances make every individual able to communicate and get information very easily and quickly through digital media. The younger generation needs to understand literacy in digital era, with the hope of a maximizing the use of ICT to be more selective in utilizing and managing information spread across digital media. This study aims to determine the digital literacy of student in learning electrolyte and nonelectrolyte solutions through distance learning with the sevima edlink platform. This study involved 40 students of class X MIPA 3 SMAN 50 Jakarta. This research uses a qualitative methods. Sources of data were obtained through analysis of preliminary teachers and students, reflective journals, observation sheets, digital literacy questionnaires, and interview. The dimensions of digital literacy analyzed in this research, namely the information dimension, communication dimension, conten creation dimension, safety dimension, and problem-solving dimension. The result of this research indicated that students digital literacy on the information dimension, communication dimension, conten creation dimension, safety dimension, and problem-solving dimension are categorized as very good. So it can be concluded that the digital literacy of students of class X MIPA 3 SMAN 50 Jakarta is included in the very good category

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Maria Paristiowati, M.Si. ; 2). Dr. Fera Kurniadewi, M.Si.
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 14626 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2022 06:54
Last Modified: 30 Aug 2022 02:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31882

Actions (login required)

View Item View Item