PENGEMBANGAN VIRTUAL MICROSCOPIC SIMULATION (VMS) UNTUK MENINGKATKAN LEVEL PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI GELOMBANG CAHAYA

DEWI ANGGRAINI, . (2021) PENGEMBANGAN VIRTUAL MICROSCOPIC SIMULATION (VMS) UNTUK MENINGKATKAN LEVEL PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI GELOMBANG CAHAYA. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (265kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Seringkali dalam pembelajaran fisika guru menekankan siswa untuk menghapal konsep tanpa didasari dengan keselarasan antara fakta-fakta yang ditemui siswa dengan konsep yang dimilikinya. Hal ini menyebabkan sebagian siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep dan prinsip fisika. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan 63% siswa menyatakan mereka kesulitan dalam mempelajari gelombang cahaya, dimana 72% siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami dan menganalisis interferensi cahaya dan 74% siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami dan menganalisis difraksi cahaya. Gelombang cahaya menjadi materi fisika yang sulit dipahami oleh siswa karena siswa tidak mampu untuk mengenali dan menafsirkan karakteristik gelombang cahaya dalam hal model gelombang dasar. Belum tersedianya media pembelajaran yang dapat memvisualisasikan gelombang cahaya secara nyata menjadi penyebab lain yang mempengaruhi siswa dalam memahami konsep gelombang cahaya. Oleh karena itu, perlu dikembangkan media Virtual Microscopic Simulation (VMS) sebagai media pembelajaran gelombang cahaya. Tujuan penelitian adalah mengembangkan media VMS pada materi gelombang cahaya sebagai media pembelajaran fisika di sekolah serta mengevaluasi penggunaan media dalam meningkatkan level pemahaman siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan Model ADDIE. Pengembangan media telah dilaksanakan pada bulan Oktober 2020 – September 2021. Hasil uji validasi media VMS pada materi gelombang cahaya telah dilakukan dengan persentase 87% dari aspek materi; 81,5% dan 80% dari aspek media. Hal ini menunjukkan bahwa pengembangan media VMS pada materi gelombang cahaya ini valid untuk digunakan sebagai media pembelajaran fisika. Penelitian dilaksanakan pada bulan September 2021 hingga Oktober 2021 bertempat di SMA Korpri Bekasi. Sampel uji coba VMS dalam peningkatan level pemahaman adalah 33 siswa. Hasil uji gain memperoleh peningkatan level pemahaman siswa sebesar 0,56 dengan kategori sedang. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media VMS pada materi gelombang cahaya mampu meningkatkan level pemahaman siswa. Often in physics learning, the teacher emphasizes students to memorize concepts without being based on harmony between the facts met by students and the concepts they have. This causes some students still have difficulty in understanding the concepts and principles of physics. Based on the results of the needs analysis, 63% of students stated that they had difficulty in studying light waves, where 72% of students still had difficulty understanding and analyzing interference of light and 74% of students still had difficulties in understanding and analyzing diffraction of light. Light waves are physics learning material that is difficult to understand because students are not able to recognize and interpret the characteristics of light waves when viewed from the basic wave model. The unavailability of learning media that can visualize light wavesin real is also another cause that affects students in understanding the concept of light correctly. Therefore, it is necessary to develop Virtual Microscopic Simulation (VMS) media as a medium for learning light waves. The purpose of this study was to develop VMS media on light waves as a medium for learning physics in schools and check the use of media in increasing students' level of understanding. The method used in the research is a R&D method with the ADDIE model. Media development has been carried out from November 2020 – September 2021. The results of the VMS media validation test on the light wave material have been carried out with a percentage of 87% from the material aspect; 81.5% and 80% of the media aspect. This shows that the development of VMS media on light wave material is valid to be used as a physics learning medium. The research has been carried out from September 2021 to October 2021 at SMA Korpri Bekasi. The test sample in this research consisted of 33 students. The gain test results obtained an increase in the level of students' understanding of 0.56 with moderate category. Based on these results, it was found that learning activities using VMS media on light wave material can to increase the student's level of understanding.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Firmanul Catur Wibowo, M.Pd. ; 2). Dr. Mutia Delina, M.Si.
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 14626 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2022 06:56
Last Modified: 20 Jul 2022 06:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31884

Actions (login required)

View Item View Item