PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MODUL DAN TRAINER DVD PLAYER PADA MATA PELAJARAN MEMPERBAIKI CD PLAYER KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK FRANSISKUS 1

ATANASIUS AGUNG NOVIAN Y. P., . (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MODUL DAN TRAINER DVD PLAYER PADA MATA PELAJARAN MEMPERBAIKI CD PLAYER KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK AUDIO VIDEO DI SMK FRANSISKUS 1. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Lampiran 9 - Modul Memperbaiki CD Player.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Skripsi Atanasius Agung 5215120367.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Modul dan Trainer DVD Player sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Memperbaiki CD Player. Tahap pengembangan media pembelajaran ini meliputi: 1) Analisis, 2) Desain, 3) Pengembangan, 4) Implementasi, dan 5) Evaluasi. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data pada penilitian ini meliputi pengujian dan pengamatan terhadap unjuk kerja media pembelajaran Modul dan Trainer DVD Player serta pengujian kelayakan yang dilakukan dengan memberikan kuesioner kepada 15 siswa Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video SMK Fransiskus 1. Adapun validasi media pembelajaran ini dilakukan oleh 1 ahli media di bidang Teknologi Pendidikan, serta 2 ahli materi di bidang Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil pengembangan media pembelajaran terdiri dari Trainer DVD Player yang dapat digunakan oleh siswa dalam uji coba praktikum, terdapat 13 saklar simulasi kerusakan dan 13 titik pengukuran sehingga dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam memecahkan masalah kerusakan yang umum terjadi pada DVD Player. Sedangkan, Modul merupakan buku yang digunakan sebagai bahan belajar siswa berisikan uraian materi yang berhubungan dengan mata pelajaran Memperbaiki CD Player dan digunakan sebagai pendamping siswa saat melakukan uji coba praktikum menggunakan Trainer DVD Player. Pada hasil pengujian diketahui dalam simulasi kerusakan dan pengukuran mendapatkan hasil uji coba yang sesuai. Hasil validasi menunjukan persentase kelayakan media pembelajaran sebesar 86.97% dari ahli media, dan 96.87% dari ahli materi. Dari kedua perolehan tersebut, media pembelajaran masuk dalam kategori kelayakan Sangat Baik. Kemudian dalam hasil unjuk kerja produk yang dilakukan oleh siswa mendapatkan persentase sebesar 89.60%, sehingga dalam unjuk kerja media pembelajaran memiliki arti Sangat Baik. This study used Research and Development (R&D) to develop learning media of Module and Trainer DVD Player as learning media in Subjects CD Player Repair. The development phases of the product included: 1) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, 5) Evaluation. The method that used in this research are testing and observation of the performance learning media of Module and Trainer DVD Player and also feasibility testing questionnaire for 15 students Skills Competency Audio Video Engineering SMK Fransiskus 1. This learning media involved one expert of instructional media of education technology and two experts of learning material of Skills Competency Audio Video Engineering. Analysis techniques used descriptive analysis techniques. The development results design of learning media consisted Trainer DVD Player that used by students when practicum test, 13 switch simulations of damage and 13 measurement points to improve students skills in solving the problem of damage that commonly occur in DVD Player. Module can use for students learning materials concerning in Subjects CD Player Repair when practicum test with Trainer DVD Player. The results simulations of damage and measurement points already match. The validity showed results of the content feasibility of learning media gets 86.97% from expert of instructional media, and 96.87% from expert of learning materials. So the results was Excellent feasibility. From the results of perfomance of the product conducted by students gets 89.60%, so in performance learning media contains a Good value.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Moch. Sukardjo, M.Pd. ; 2). Drs. Mufti Ma’sum, M.Pd
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Users 14626 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2022 07:09
Last Modified: 20 Jul 2022 07:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31888

Actions (login required)

View Item View Item