SURVEI KEBERHASILAN SERANGAN (TIP, PLACING DAN SMASH) TERHADAP TIM BOLA VOLI INDOOR PUTRA PADA BABAK FINAL FOUR I DAN FINAL FOUR II PERTAMINA PROLIGA 2016

SETIAWAN ADI PRAJA, . (2016) SURVEI KEBERHASILAN SERANGAN (TIP, PLACING DAN SMASH) TERHADAP TIM BOLA VOLI INDOOR PUTRA PADA BABAK FINAL FOUR I DAN FINAL FOUR II PERTAMINA PROLIGA 2016. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI SETIAWAN ADI PRAJA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang: Serangan Manakah yang paling memberikan kontribusi keberhasilan serangan terhadap tim putra pada babak final four I dan final four II bola voli indoor putra Pertamina Proliga 2016. Pengambilan data dilaksanakan di 2 Kota dan tempat yaitu final four I di GOR C -Tra Arena Bandung dan final four II di GOR Among Rogo Yogyakarta, pengambilan data penelitian ini dilakukan pada babak final four I dan final four II putra Pertamina Proliga 2016. Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 29 April - 8 Mei 2016, dimulai pukul 14.00 WIB sampai dengan selesai. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik survei, dimana setiap terjadi aktifitas serangan didata dan dihitung. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa blanko dengan kolom yang telah dibuat sedemikian rupa. Populasi dalam penelitian ini adalah tim putra peserta Pertamina Proliga 2016 yang berjumlah 6 tim yang terdiri dari 12 orang masing-masing tim. Sampel dari penelitian ini adalah 4 tim putra yang terdiri dari 48 orang yang masuk pada babak final four I dan final four II Pertamina Proliga 2016 karena terbatasnya penelitian. Hasil perhitungan untuk keseluruhan, terjadi aktifitas sebanyak 2153 kali dengan total serangan tip sebanyak 235 kali atau setara dengan 11% dengan rincian keberhasilan/success 106 kali atau setara dengan 5%. Total serangan placing sebanyak 124 kali atau setara dengan 6% dengan rincian keberhasilan/success 27 kali atau setara dengan 1%. Total serangan smash sebanyak 1794 kali atau setara dengan 83% dengan rincian keberhasilan/success 1057 kali atau setara dengan 59%. Disimpulkan bahwa yang paling banyak memberikan keberhasilan serangan adalah dengan urutan kriteria apabila bola tip disentuh oleh tim lawan dan permainan tidak berlanjut, maka keberhasilan serangan tip 5%. Dan keberhasilan serangan yang ada placing memberikan keberhasilan 1% dengan urutan kriteria melakukan placing dan bola jatuh di lapangan lawan. Dan smash memberikan keberhasilan serangan paling tinggi 50% sesuai dengan acuan kriteria penilaian bahwa teknik smash dikatakan berhasil apabila bola langsung jatuh tepat dilapangan. Sehingga secara keseluruhan, kemampuan serangan yang memberikan kontribusi paling besar terhadap kemampuan serangan adalah smash dengan prosentase sebesar 83% dan angka keberhasilan 59%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Susilo.,M.Pd.,D.Ed ; 2). Dr. Bambang Kridaswarso M.Pd
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: FIO > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Users 14629 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2022 07:27
Last Modified: 20 Jul 2022 07:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31896

Actions (login required)

View Item View Item