HUBUNGAN ANTARA KENDALI DIRI (LOCUS OF CONTROL) DENGAN HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN PADA SISWA AKUNTANSI SMK AL BAHRI BEKASI

AL Muhaimin, . (2013) HUBUNGAN ANTARA KENDALI DIRI (LOCUS OF CONTROL) DENGAN HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN PADA SISWA AKUNTANSI SMK AL BAHRI BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI ALMUHAIMIN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan berdasarkan data atau fakta yang sahih dan valid, benar dan dapat dipercaya tentang seberapa besar hubungan antara Locus Of Control dengan Hasil Belajar Kewirausahaan Siswa SMK AL Bahri,Bekasi. Penelitian ini dilakukan selama 5 bulan terhitung sejak bulan Februari sampai Juni 2013. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK AL Bahri dan populasi terjangkau penelitian ini adalah siswa Akuntansi yang berjumlah 72 siswa. Sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 36 orang. Dengan taraf perhitungan sampling error 5%. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara acak sederhana. Untuk menjaring data variabel X (Locus of Control) dan variabel Y (Hasil Belajar), digunakan instrument berbentuk skala likert. Sebelum digunakan instrument untuk variabel X dan variabel Y digunakan uji validitas konstruk melalui proses validasi yaitu perhitungan koefisien skor butir dengan skor total dan uji reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Hasil reliabilitas variabel X (locus of control) sebesar 0,82 dan variabel Y (hasil belajar) sebesar 0,975. Hasil ini menunjukkan kedua variabel tersebut reliabel. Uji persyaratan analisis yang diakukan mencari persamaan regresi yang didapat adalah Ŷ = -9,21+1 X. Selanjutnya adalah uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji Liliefors dan diperoleh Lhitung = 0,0769 dibandingkan dengan Ltabel pada taraf signifikansi 0,05 sebesar = 0,1137. Maka Lo < Lt. hal ini berarti galat taksiran Y atas X berdistribusi normal. Sedangkan uji kelinieran regresi didapat F Hitung (-1) < F Tabel (1,83). Ini menunjukkan bahwa model regresi yang dipakai linier. Uji keberartian regresi diperoleh F Hitung (241,6) > F Tabel (4,2), ini membuktikan bahwa regresi berarti. Sedangkan uji koefisien korelasi product moment dari Pearson diperoleh rxy = 0,975, maka ini berarti terdapat hubungan positif antara locus of control dengan hasil belajar .Kemudian dilanjutkan dengan uji signifikansi koefisien dengan menggunakan uji t. Hasil yang diperoleh adalah thitung = (33,038), sedangkan ttabel = pada dk = n-2 = 58 – 2 = 56 dan taraf signifikansi 0,05 adalah (1,67), berarti thitung > ttabel. Perhitungan koefisien determinasi diperoleh rxy 2 = 0,9752 . Ini menunjukkan bahwa 95,12% variasi locus of control dengan hasil belajar. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan yang postif antara locus of control dengan hasil belajar kewirausahaan siswa SMK Al Bahri, Bekasi. This study aimed to obtain information and knowledge based on data or facts are valid and valid, true and trustworthy about how much the relationship between Locus Of Control with Enterprise Student Learning Outcomes SMK AL Bahri, Bekasi. The research was carried out for 5 months from February to June 2013. The research method used was a survey method with a correlation approach. The population in this study were all students of SMK AL Bahri and affordable population were students of Accounting, amounting to 72 students. While the sample is used as many as 36 people. With standard calculations of sampling error of 5%. The sampling technique used in this study is simple random. To gather data variable X (Locus of Control) and variable Y (Learning Outcomes), shaped instrument used a Likert scale. Before the instrument is used for variables X and Y are used test the construct validity through the validation process is the calculation of the coefficient score points with the total score and reliability tests with Cronbach alpha formula. Results of reliability variable X (locus of control) of 0.82 and Y variables (learning outcomes) of 0.975. These results indicate the two variables is reliable. Test requirements analysis which transactions are carried out for the obtained regression equation is Y = -9.21 +1 X. Next is the estimated regression error normality test Y on X with Liliefors test and obtained Lhitung = 0.0769 compared with Ltabel at significance level of 0.05 = 0.1137. Then Lo <Lt. this means that the error estimates Y over X is normally distributed. While the linearity regression testing obtained Calculate F (-1) <F table (1.83). This shows that the linear regression model used. Test the significance of regression Compute F (241.6)> F Table (4.2), this proves that the mean regression. While testing the correlation coefficient of Pearson product moment obtained rxy = 0.975, then this means that there is a positive relationship between locus of control with learning outcomes. Was followed by a test of coefficient significance using the t test. The result is t = (33.038), while the table = the df = n-2 = 58-2 = 56 and the significance level was 0.05 (1.67), mean t> t table. Calculating the coefficient of determination obtained rxy2 = 0.9752. This indicates that 95.12% variation locus of control with learning outcomes. The conclusion of this study is that there is a positive relationship between locus of control with students' learning outcomes entrepreneurship SMK Al Bahri, Bekasi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Corry Yohana MM, ; 2). Drs. Nurdin Hidayat, MM. M.Si,
Subjects: Ilmu Sosial > Kewirausahaan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 14651 not found.
Date Deposited: 21 Jul 2022 04:10
Last Modified: 02 Aug 2022 02:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31940

Actions (login required)

View Item View Item