PENGARUH MINAT BELAJAR DAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS X SMAN 112 JAKARTA

ANGGI ARDIAN DWI S.N., . (2013) PENGARUH MINAT BELAJAR DAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS X SMAN 112 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ANGGI ARDIANA DWI S.N..pdf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Minat Belajar dan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis ICT terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMA Negeri 112 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 112 Jakarta, dan populasi terjangkau terdiri dari kelas X-4, X-5 dan X-6 yang berjumlah 120 siswa. Sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 89 siswa dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data variabel X1 (minat belajar) dan variabel X2 (Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis ICT) yang diukur menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Untuk variabel Y (hasil belajar) diukur dengan menggunakan data sekunder yang berupa nilai UAS tahun ajaran 2012-2013. Berdasarkan persamaan analisis jalur (path analysis) diperoleh ada jalur dari X1 dan X2 secara bersamasama (simultan) terhadap Y. Dengan kata lain terdapat pengaruh yang berarti antara minat belajar (X1) dan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis ICT (X2) secara bersama-sama terhadap hasil belajar (Y). Hal ini dapat dilihat dari koefisien determinasi yakni R2 sebesar 0,109 yang artinya pengaruh variabel independen (minat belajar dan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis ICT) dengan variabel dependen (hasil belajar) sebesar 10,9% sedangkan sisanya sebesar 89,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Dari hasil uji hipotesis kedua variabel bebas yaitu minat belajar dan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis ICT secara serentak memiliki pengaruh terhadap hasil belajar yang dilihat dari Fhitung (5,281) > Ftabel (2,21) dan sig (0,007) < (0,05), artinya H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan minat belajar dan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis ICT secara serentak berpengaruh terhadap hasil belajar. Lalu secara parsial variabel minat belajar memiliki thitung (2,473) > ttabel (2,00) dan sig (0,015) < (0,05) jadi H0 ditolak, kesimpulannya yaitu minat belajar mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar. Sedangkan thitung dari Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis ICT (2,473) > ttabel (2,00) dan sig (0,036) < (0,05) jadi H0 ditolak, kesimpulannya yaitu Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis ICT mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara minat belajar dan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis ICT terhadap hasil belajar. This study aims to determine whether there are significant media interest study and using ICT-based learning on learning outcomes of students in class X SMA Negeri 112 Jakarta. The research method used was a survey method with the correlational approach. The population in this study were all employees of class X SMA Negeri 112 Jakarta, and affordable population consists of class X-4, X-5 and X-6 which totaled 120 students. While the sample is used as many as 89 students using proportional random sampling technique. The instrument used to obtain variable data X1 (interest study) and X2 (ICT-based learning media) were measured using a questionnaire with Likert scale. For variable Y (learning outcomes) were measured using secondary data in the form of value UAS 2012- 2013 school year. Based on the equation path analysis (path analysis) is obtained there is a path from X1 and X2 together (simultaneously) to Y. In other words, there is a significant effect between interest study (X1) and using ICT-based learning media (X2) together on learning outcomes (Y). It can be seen from the coefficient of determination R2 of 0.109, which means the influence of the independent variables (interest study and media-based learning ICT) with the dependent variables (learning outcomes) of 10.9% while the remaining 89.1% is influenced by other factors not examined. From the results of the second hypothesis test independent variable of interest study and using ICT-based learning media simultaneously have an impact on learning outcomes are seen from the F value (5.281)> F (2.21) and sig (0.007) <(0.05), meaning that H0 is rejected , so it can be concluded media interest study and using ICT-based learning simultaneously influence the learning outcomes. Then in partial interest studys have t (2.473)> t table (2.00) and sig (0.015) <(0.05) so H0 is rejected, the conclusion that interest study has a significant positive effect on learning outcomes. While t of using ICT-based learning media (2.473)> t table (2.00) and sig (0.036) <(0.05) so H0 is rejected, the conclusion that using ICT-based learning media has a significant positive effect on learning outcomes. The research concludes that there is a significant positive effect between media interest studys and using ICT-based learning on learning outcomes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Dedi Purwana ES,M. ; 2). Osly Usman M.Bus,Mgt
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 14651 not found.
Date Deposited: 21 Jul 2022 04:27
Last Modified: 21 Jul 2022 04:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31951

Actions (login required)

View Item View Item