HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG PENGELOLAAN KELAS DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X JURUSAN AKUNTANSI DI SMK PGRI 1 JAKARTA

ANNISA MALAYA, . (2013) HUBUNGAN PERSEPSI SISWA TENTANG PENGELOLAAN KELAS DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X JURUSAN AKUNTANSI DI SMK PGRI 1 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
skripsi Annisa Malaya.pdf

Download (829kB)
[img]
Preview
Image
img004.jpg

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Image
img003.jpg

Download (376kB) | Preview

Abstract

Metode dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Penggunaan metode tersebut dimaksudkan untuk mengukur derajat keeratan antara persepsi siswa tentang pengelolaan siswa dengan motivasi belajar siswa. Dengan pendekatan korelasional dapat dilihat hubungan antara dua variabel yaitu variabel bebas (persepsi siswa tentang pengelolaan kelas) yang mempengaruhi dan diberi simbol X, dengan variabel terikat (motivasi belajar siswa) sebagai yang dipengaruhi dan diberi simbol Y. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa SMK PGRI 1 Jakarta kelas X Jurusan Akuntansi tahun ajaran 2012-2013 yang berjumlah 120 siswa, terdiri dari 3 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik acak proporsional (Proportional Random Sampling) dan sampel yang digunakan berdasarkan table isacc dan michael adalah 89 siswa, diambil 29 dan 30 siswa untuk masing-masing kelas. Persamaan regresi dalam penelitian ini adalah Ŷ = 98,47 + 0,30X. Dari persamaan tersebut, dilakukan uji persyaratan analisis dengan uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji liliefors didapat Lo < Lt (0,0828 < 0,0939). Hal itu berarti data berdistribusi normal. Pada uji kelinieran regresi didapat hasil Fh < Ft (-3,30 < 1,65) yang dapat disimpulkan bahwa model regresi berbentuk linier. Sedangkan untuk uji keberartian didapat Fh > Ft (4,55 > 3,95) yang menandakan bahwa persamaan regresi signifikan. Hasil uji koefisien korelasi dengan menggunakan product moment dari Pearson diperoleh nilai rxy = 0,22. Hal ini berarti terdapat hubungan yang positif antara persepsi siswa tentang pengelolaan kelas dengan motivasi belajar siswa pada SMK PGRI 1 Jakarta. Dari perhitungan uji-t didapat thitung > ttabel, yaitu 2,16 > 1,67 yang menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara variabel X persepsi siswa tentang pengelolaan kelas dengan variabel Y motivasi belajar siswa SMK PGRI 1 Jakarta. Dari hasil perhitungan diperoleh koefisien determinasi 5% sehingga dapat dikatakan bahwa variabel Y motivasi belajar siswa ditentukan oleh variabel X persepsi siswa tentang pengelolaan kelas. Dengan diterimanya hipotesis penelitian ini, sesuai dengan teori yang dikemukakan oleh John W. Santrock (2008:559) mengemukakan “kelas yang dikelola dengan baik akan memberikan aktivitas di mana murid menjadi terserap ke dalamnya dan termotivasi untuk belajar dan memahami aturan dan regulasi yang harus dipatuhi”. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang pengelolaan kelas dengan motivasi belajar siswa di SMK PGRI 1 Jakarta. The method in this study is a survey method with the correlation approach. Use of the method is intended to measure the degree of closeness between students' perceptions about the management of students with student motivation. With correlational approach can be seen the relationship between the two variables independent variables (students' perceptions about classroom management) that influence and given the symbol X, the dependent variable (student motivation) as affected and given the symbol Y. The attainable populations are the students of SMK PGRI 1 Jakarta, class X Department of Accounting, school year of 2012- 2013, consist of three classes with 120 ctudents in total. Based on Isaac and Michael table, sample used in this research are 89 students, with 29 and 30 students of each class. Regression equations result is Ŷ = 98,47 + 0,30X. By virtue of that equation, normality test by using liliefors test results, Lo < Lt (0,0828 < 0,0939). It shows that the data had been normally distributed. For linearity regression test, the result is Fh < Ft (-3,30 < 1,65), so, it indicated that the data had been linear. While for the regression significant test, the result is Fh > Ft (4,55 > 3,95). It indicated that the data had been significant. The result of correlation coefficient test of product moment by Pearson is rxy = 0,22, which it means there is a positive correlation between self-concept with learning achievement. The calculation of ttest showed that taccount > ttable, 2,16 > 1,67. It shows there is a significance correlation between students' perceptions about classroom management and motivation to learn at SMK PGRI 1 Jakarta. The calculation of determination coefficient test results 5%, so that between students' perceptions about classroom management and motivation to learn at the rate of 5%. Upon the acceptance of the hypothesis of this study, according to the theory advanced by John W. Santrock (2008:559) suggests "well-managed classroom will provide activities in which pupils become absorbed into it and be motivated to learn and understand the rules and regulations that must be obeyed". This study shows that there is a positive and significant relationship between students 'perceptions about the management class with students' motivation in SMK PGRI 1 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Mardi, M.Si., ; 2). Santi Susanti, S.Pd., M.Ak.,
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 14651 not found.
Date Deposited: 21 Jul 2022 04:31
Last Modified: 21 Jul 2022 04:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31955

Actions (login required)

View Item View Item