PERBEDAAN HASIL BELAJAR ANTARA PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI DAN BUKU PELAJARAN PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI PRODUKTIF SISWA KELAS X JURUSAN AKUNTANSI SMK NEGERI 8 JAKARTA

ATIKA, . (2013) PERBEDAAN HASIL BELAJAR ANTARA PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MONOPOLI DAN BUKU PELAJARAN PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI PRODUKTIF SISWA KELAS X JURUSAN AKUNTANSI SMK NEGERI 8 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRISI-ATIKA-8105091569.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan media pembelajaran permainan monopoli dan siswa yang menggunakan media pembelajaran buku pelajaran di Jurusan Akuntansi SMK Negeri 8 Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama dua bulan terhitung sejak bulan Februari sampai dengan Maret 2013. Hipotesis penelitian ini adalah: “Terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan media pembelajaran permainan monopoli dan siswa yang menggunakan media pembelajaran buku pelajaran”. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas X Jurusan Akuntansi SMK Negeri 8 Jakarta. Teknik pengambilan sampel adalah teknik acak (random sampling) dengan sampel berjumlah 51 siswa. Uji persyaratan analisis dilakukan sebelum pengujian hipotesis, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian normalitas dilakukan dengan menggunakan uji Liliefors. Pada sampel siswa yang menggunakan media pembelajaran permainan monopoli (kelas X AK 2) diperoleh Lhitung (0,1096) < Ltabel (0,1772), serta pada sampel siswa yang menggunakan media buku pelajaran (kelas X AK 3) diperoleh Lhitung (0,1669) < Ltabel (0,1738). Hal itu berarti kedua sampel berasal dari populasi berdistribusi normal. Uji Homogenitas varians dilakukan dengan menggunakan Uji-F yaitu dengan membandingkan Fhitung dan Ftabel dan diperoleh bahwa varians data adalah homogen. Karena Fhitung (1,79) < Ftabel (1,97) maka Ho diterima dan Ha ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa varians kedua sampel adalah homogen. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan UjiT dimana dihasilkan thitung (1,91) > ttabel (1,68) sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak. Artinya terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan media pembelajaran permainan monopoli dan siswa yang menggunakan media pembelajaran buku pelajaran. Dari penelitian di atas maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa: “Terdapat Perbedaan Hasil Belajar Antara Penggunaan Media Pembelajaran Permainan Monopoli dan Buku Pelajaran Pada Mata Pelajaran Akuntansi Produktif Siswa Kelas X Jurusan Akuntansi Smk Negeri 8 Jakarta.” The purpose of this research is to determine whether there is a significant difference of learning outcomes between students that using monopoly game learning media and schoolbook media in Accounting Major of SMK Negeri 8 Jakarta. This research was carried out for two months, started from February until March 2013. Hypotesis of this research is: “there is a significant difference of learning outcomes between students that using monopoly game learning media and schoolbook media”. The research method that be used is experimental methode The research population are class X students in Accounting Major of SMK Negeri 8 Jakarta. The sampling technique is random sampling with sample by the number of 51 students. Prerequirement Analisys test had been done before Hypotesis test, those are normallity test and homogenity test. Normallity test is counted by using Liliefors test. For students that using monopoly game learning media (class of X AK 2) is obtained Lcount (0,1096) < Ltable (0,1772), and for students that using schoolbook learning media (class of X AK 3) is obtained Lcount (0,1669) < Ltable (0,1738). It means both samples come from normally distributed population. Homogenity variance test is done with using F-Test with comparing Fcount and Ftable then it is obtained that the variance of data are homogen. Because Fcount (1,79) < Ftable (1,97) therefore Ho is accepted and Ha is rejected. It shows that the variance of both samples are homogen. Hypotesis test is done with using T-Test where the result is tcount (1,91) > ttable (1,68) therefore zero hypotesis (Ho) is rejected. It means there is difference of learning outcomes between students that using monopoly game learning media and schoolbook media. From those research above, researcher make a conclusion that : “There Is Difference of Learning Outcomes Between Using Of Monopoly Game and Schoolbook Learning Media In Productive Accounting Lesson Students Of Class X Of Accounting Major In SMK Negeri 8 Jakarta.”

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Sri Zulaihati, M.Si ; 2). Achmad Fauzi, S.Pd, M.Ak
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FE > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 14651 not found.
Date Deposited: 21 Jul 2022 05:07
Last Modified: 21 Jul 2022 05:07
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31967

Actions (login required)

View Item View Item