PENGEMBANGAN MODUL KOSAKATA BAHASA INGGRIS BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR (Penelitian dan Pengembangan di Kelas III Sekolah Dasar)

SALLY LAUWDIAZ, . (2018) PENGEMBANGAN MODUL KOSAKATA BAHASA INGGRIS BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR (Penelitian dan Pengembangan di Kelas III Sekolah Dasar). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
(1,3,5,6,14,17) COVER, ABSTRAK,KATA PENGANTAR,DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (655kB)
[img] Text
(2) LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (402kB)
[img] Text
(4) KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (326kB)
[img] Text
(8) BAB I.pdf

Download (264kB)
[img] Text
(9) BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB)
[img] Text
(10) BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB)
[img] Text
(11) BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
(12,13) BAB V+DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (310kB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa modul kosakata Bahasa Inggris berbasis pendekatan kontekstual untuk siswa kelas III sekolah dasar. Fokus pengembangan pada modul materi sport. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan adaptasi model pengembangan Rowntree. Penelitian ini melibatkan siswa kelas III SDN Utan Kayu Selatan 11 Jakarta Timur sebanyak 33 siswa. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara dan kuesioner. Penelitian ini melewati beberapa tahap uji coba, diantaranya uji ahli (expert review), face to face tryouts, dan terakhir uji coba lapangan (field trial). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan kuesioner. Hasil analisis kualitatif menggunakan teknik wawancara untuk uji coba ahli diantaranya ahli desain pembelajaran, ahli materi dan ahli media menyatakan bahwa modul efektif dan valid setelah melalui proses revisi. Hasil analisis kualitatif menngunakan teknik wawancara untuk face to face tryouts kepada tiga orang siswa menyatakan bahwa modul menarik dan mudah digunakan. Evaluasi uji coba lapangan (field trial) menghasilkan persentase 93,75 % dengan kriteria sangat baik. Uji coba lapangan (field trial) juga menghasilkan uji pada paired sample t-tes diperoleh peningkatan hasil tes formatif siswa pada pembelajaran kosakata Bahasa Inggris setelah menggunakan modul Bahasa Inggris berbasis pendekatan kontekstual, dari rata-rata nilai pre-test 68,65 menjadi 93.40, diketahui bahwa nilai sig(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka H0 diterima. Disimpulkan bahwa pada uji paired sample t-tes terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil tes formatif pada data pre-test dan post-test maka modul kosakata Bahasa Inggris efektif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Herlina, M.Pd 2) Dr. Ika Lestari, S.Pd, M.Si
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 30 Jan 2020 09:51
Last Modified: 30 Jan 2020 09:51
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3198

Actions (login required)

View Item View Item