HUBUNGAN ANTARA STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 10 JAKARTA

BASTIAN RIFFANIE, . (2014) HUBUNGAN ANTARA STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 10 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BASTIAN RIFFANIE.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pengetahuan berdasarkan data dan fakta yang sahih, benar dan dapat dipercaya apakah terdapat hubungan antara Status Sosial Ekonomi Orang Tua dengan Motivasi Belajar Siswa di SMK N 10 Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan terhitung sejak Oktober 2013 sampai dengan bulan Desember 2013. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian adalah seluruh Siswa SMK N 10 Jakarta pada bulan Desember 2013. Sedangkan populasi terjangkaunya adalah siswa kelas X dan kelas XI pemasaran yang berjumlah 67 siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 55 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik acak sederhana (Simple Random Sampling Technique) Persamaan regresi linier sederhana menghasilkan persamaan regresi Ŷ= 81,22 + 0,334 X. Uji persyaratan analisis untuk menguji normalitas galat taksiran regresi Y dan X menunjukan galat taksiran regresi Y atas X berdistribusi normal. Hal ini dibuktikan oleh perhitungan yang menunjukkan bahwa Lhitung (0,052) < Ltabel (0.119) dengan menggunakan uji Liliefors pada taraf signifikan (α) 0,05. Dalam uji hipotesis, uji keberartian dan kelinieran regresi menggunakan tabel Analisis Varians (ANAVA). Dari hasil uji keberartian regresi diperoleh Fhitung (17,91) > Ftabel (4,03) yang menyatakan regresi berarti. Dari hasil uji linearitas regresi diperoleh Fhitung (1,192) < Ftabel (2,34) yang menunjukan bahwa model regresi yang digunakan adalah linear. Koefisien korelasi yang dihitung dengan menggunakan rumus Product Moment dari Pearson menghasilkan rxy sebesar 0,503 sedangkan hasil dari uji signifikansi diperoleh thitung sebesar 4,23 dan ttabel sebesar 1,680 Dikarenakan thitung > ttabel , maka disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Status sosial ekonomi dengan Motivasi belajar siswa di SMK N 10 Jakarta. Perhitungan koefisien determinasi menunjukkan 25,26 % variasi variabel Y ditentukan oleh variabel X. Kesimpulan penelitian adalah terdapat hubungan yang positif antara status sosial ekonomi orang tua dengan motivasi belajar siswa di SMK N 10 Jakarta. Hal tersebut berarti semakin baik status sosial ekonomi orang tua maka semakin tinggi pula motivasi belajar siswa di sekolah. ***** Purpose of this research is to find valid and reliability, data and facts about the possibility a positive correlation between Social Economic Status with Learning Achievement at SMK N 10 Jakarta. The period of the research was three months, since October 2013 until December 2013. The research used survey methods by correlation approach. The population of data student SMK N 10 Jakarta, while the reached population were student SMK N 10 Jakarta in December 2013. The reached population were 67 student. The sampling of the research were 55 student. The sampling technique was the simple random sampling technique. The analysis test by finding regression equation, that is Ŷ= 81,22 + 0,334 X. The analysis conditional test proved the validation on variable Y to variable X is normal distributed. It is proved by the calculation that used liliefors test at significant level (α) = 0,05 that indicates Lcount (0,052) < Ltable (0.119). At the hypothesis test the significant and linear regression test are using Variance Analysis table (ANOVA). The result of the significant regression test indicates Fcount (17,91) > Ftable (4,03). It state the formula of regression is significant. The result of the linear regression test indicates Fcount (1,192) < Ftable (2,34). It state the regression model is linear. The coefficient of correlation counted by Product Moment formula by Pearson indicates rxy = 0.503 while the result of correlation coefficient significant test indicates tcount = 4,23 and ttable = 1,680. Because the result show tcount > ttable , the research indicates there is a significant correlation between social economic status with learning achievement at SMK N 10 Jakarta. The counted of determination coefficient test 25,26 % indicates the variance of variable Y is determined by variable X. The conclusion of research shown that a positive correlation between social economic status with learning achievement at SMK N 10 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs.Nurdin Hidayat M.M, M.Si. ; 2). Dra.Nurahma Hajat M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Ilmu Sosial > Kesejahteraan Keluarga
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 14651 not found.
Date Deposited: 21 Jul 2022 05:31
Last Modified: 21 Jul 2022 05:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31980

Actions (login required)

View Item View Item