HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL (SOCIAL SUPPORT) DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA SMK DEWANTARA CIKARANG

DESI WIJAYANTI, . (2013) HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL (SOCIAL SUPPORT) DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA SMK DEWANTARA CIKARANG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Desi Wijayanti upt.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara Dukungan sosial dengan Prestasi Belajar Pada Siswa SMK Dewantara Cikarang. Penelitian ini dilakukan terhitung dari Bulan April 2013 sampai dengan Juni 2013. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei melalui pendekatan korelasional. Teknik pengambilan sampel adalah teknik acak sederhana (Simple Random Sampling) sebanyak 32 sampel. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data variabel X Dukungan sosial diukur menggunakan skala likert. Untuk variabel Y Prestasi Belajar diperoleh dari data sekunder berupa hasil rapor. Teknik analisis data dimulai dengan mencari persamaan regresi sederhana dan diperoleh persamaan regresi Ŷ = 59,89 + 0,221X, sedangkan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji liliefors diperoleh Lhitung (0,076) < Ltabel (0,157), hal ini berarti sampel berasal dari populasi berdistribusi normal. Uji keberartian dan kelinearan regresi dengan menggunakan tabel Analisis Varians (ANAVA) diperoleh persamaan regresi Fhitung (17,42) > Ftabel (4,17) yang menyatakan regresi sangat berarti serta uji linearitas regresi yang menghasilkan Fhitung (0,86) < Ftabel (3,44) yang menunjukkan bahwa model regresi yang digunakan adalah linear. Uji hipotesis koefisien korelasi hubungan dilakukan dengan rumus Product Moment menghasilkan rxy sebesar 0,606, ini berarti hubungan antara kedua variabel tersebut kuat. Uji signifikasi dengan thitung sebesar 4,17 dan ttabel sebesar 1,70. Karena thitung > ttabel, dari penelitian diatas maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Dukungan sosial dengan Prestasi Belajar pada Siswa SMK Dewantara Cikarang. Uji koefisien determinasi menghasilkan KD sebesar 36,7%. Dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar dipengaruhi oleh dukungan sosial sebesar 36,7%. dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara dukungan sosial dengan prestasi belajar pada SMK Dewantara Cikarang. ***** This study aims to determine the correlation between Social support with Achademic Achievement on student SMK Dewantra Cikarang. This research was conducted starting from April 2013 to June 2013. The method used is survey method through correlation approach. The sampling technique is random sampling of 32 samples. The instrument used to obtain data on variable X Social Support was measured using a Likert scale. For the variable Y Students Achademic Achievement was obtained from of data secondary data containing results of rapor. The data analysis technique starts by looking for a simple regression equation and the regression equation Ŷ = 59,89 + 0,221X, while the test requirements of the analysis are the estimated regression error normality test Y on X with L obtained liliefors test count (0,076) < Ltable (0,157) , this means that samples come from normally distributed population. Test of significance and linear regression by using the table Analysis of Variance (ANAVA) test was obtained regression equation (17,42) > Ftable (4,17) which states that the regression is very significant and regressions that produce linearity test Fcount (0,86) < Ftable (3,44) which indicates that the model uses linear regression. Correlation coefficient hypothesis tests conducted using the formula rxy Product Moment yield of 0,606 this means the correlation between two variables is strong. Tests of significance with tcount equal to 4,17 and ttable value of 1,70. Because t count > t table, from the above study, the researcher can conclude that there is a significant correlation between the Social Support with Achademic Achievement on Students SMK Dewantara Cikarang. Test determination coefficient KD of 36,7% yield This means that the variation of variable Y influenced by variable X. So it is concluded that there are positive and significant correlation between the Social Support with Achademic Achievement on students SMK Dewantara Cikarang

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Rr. Ponco Dewi K, M.M., ; 2). Ari Saptono, SE, M.Pd,.
Subjects: Ilmu Sosial > Keuangan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 14651 not found.
Date Deposited: 21 Jul 2022 06:26
Last Modified: 21 Jul 2022 06:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/31998

Actions (login required)

View Item View Item