HUBUNGAN ANTARA IKLIM SEKOLAH DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI AKUNTANSI DI SMKN 44 JAKARTA

DESTY SURYANINGTYAS, . (2013) HUBUNGAN ANTARA IKLIM SEKOLAH DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI AKUNTANSI DI SMKN 44 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI DESTY pdf.pdf

Download (22MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara iklim sekolah dengan prestasi belajar pada SMK Negeri 44 Jakarta. Metode dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan data ex post facto dan pendekatan korelasional. Data prestasi belajar siswa diambil dari nilai raport tengah semester genap. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini secara sampling berimbang (Propotional Random Sampling). Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 44 Jakarta Pusat kelas XI Program Keahlian Akuntansi tahun ajaran 2012-2013 yang berjumlah 66 siswa, terdiri dari 2 kelas dan sampel yang digunakan berdasarkan table isacc dan michael adalah 55 siswa, diambil 27 siswa untuk kelas XI Akuntansi 1 dan 28 siswa untuk kelas XI Akuntansi 2. Persamaan regresi dalam penelitian ini adalah Ŷ = 59,77 + 0,06X. Dari persamaan tersebut, dilakukan uji persyaratan analisis dengan uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji liliefors didapat Lo < Lt (0,0960 < 0,1195). Hal itu berarti data berdistribusi normal. Pada uji kelinieran regresi didapat hasil Fh < Ft (0,82 < 2,04) yang dapat disimpulkan bahwa model regresi berbentuk linier. Sedangkan untuk uji keberartian didapat Fh > Ft (21,27 > 4,02) yang menandakan bahwa persamaan regresi signifikan. Hasil uji koefisien korelasi dengan menggunakan product moment dari Pearson diperoleh nilai rxy = 0,530. Hal ini berarti terdapat hubungan yang positif antara iklim sekolah dengan prestasi belajar siswa pada SMK Negeri 44 Jakarta. Dari perhitungan uji-t didapat thitung > ttabel, yaitu 4,84 < 1,671 yang menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara variabel X iklim sekolah dengan variable Y prestasi belajar siswa SMK Negeri 44 Jakarta. Dari hasil perhitungan diperoleh koefisien determinasi 28,10 % sehingga dapat dikatakan bahwa variable Y prestasi belajar ditentukan oleh variable X iklim sekolah. Dapat disimpulkan penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara iklim sekolah dengan prestasi belajar siswa di SMK N 44 Jakarta. Iklim sekolah yang merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar patut untuk dikembangkan baik di dalam hal ekologi, dimensi sosial, sistem sosial, maupun budaya sehingga diharapkan siswa dapat memperoleh prestasi belajar yang maksimal. Untuk peneliti selanjutnya diharapkan mengembangkan penelitian ini dengan menggunakan sampel yang lebih banyak atau dengan menambah variabel lain yang menjadi salah satu faktor yang berpengaruh terhadap prestasi belajar seperti sikap, minat dan motivasi. Diharapkan melakukan variasi tempat penelitian, di Sekolah Menengah Umum atau di sekolah menengah pertama atau sekolah dasar.***** This research conducted to describe the correlation between school climate with learning achievement at SMK Negeri 44 Jakarta. This research uses the quantitative research with an ex post facto data and a correlation approach. The data of learning achievement derived from average score mid semester, while proportional random sampling is research techniques. The attainable populations are the students of SMKN 44 Jakarta, class XI Competence Program of Accounting, school year of 2012-2013, consist of two classes with 66 ctudents in total. Based on Isaac and Michael table, sample used in this research are 55 students, with 27 students of XI Accounting 1 and 28 students of XI Accounting 2. Regression equations result is Ŷ = 59,77 + 0,06X. By virtue of that equation, normality test by using liliefors test results, Lo < Lt (0,0960 < 0,1195). It shows that the data had been normally distributed. For linearity regression test, the result is Fh < Ft (0,82 < 2,04), so, it indicated that the data had been linear. While for the regression significant test, the result is Fh > Ft (21,27 > 4,02). It indicated that the data had been significant. The result of correlation coefficient test of product moment by Pearson is rxy = 0,530, which it means there is a positive correlation between school climate with learning achievement. The calculation of t-test showed that taccount > ttable, 4,84 < 1,671. It shows there is a significance correlation between school climate with learning achievement at SMKN 44 Jakarta. The calculation of determination coefficient test results 28,10%, so that the learning achievement effected by the school climate at the rate of 28,10%. Can be concluded this study shows that there is a positive and significant relationship between school climate and learning achievement at SMK Negeri 44 Jakarta. School climate is one of the factors affecting learning achievement deserves to be developed both in terms of ecology, milleu, social diemension, and culture so hopefully students can earn a maximum of learning achievement. For researchers are expected to develop this research further by using more samples or by adding another variable that becomes one of the factors that influence learning achievement such as attitude, interest and motivation. Expected to perform a variety of research, in high school or middle school or elementary school

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). M. Yasser arafat, S.E., M.M. 2). Achmad Fauzi, S.Pd., M.Ak.
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 14651 not found.
Date Deposited: 21 Jul 2022 06:42
Last Modified: 21 Jul 2022 06:42
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32001

Actions (login required)

View Item View Item