HUBUNGAN ANTARA KREATIVITAS BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN LOKAL KEWIRAUSAHAAN DI SMA NEGERI 4 JAKARTA

DIAH RIYANITASARI, . (2013) HUBUNGAN ANTARA KREATIVITAS BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MUATAN LOKAL KEWIRAUSAHAAN DI SMA NEGERI 4 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
DIAH RIYANITASARI.pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data dengan mengetahui keeratan hubungan Hasil Belajar Siswa dapat diprediksi dari hubungannya dengan Kreativitas Belajar Siswa pada mata pelajaran muatan lokal Kewirausahaan di SMA Negeri 4 lakartq yang dilakukan dari bulan Desember 2AI2 sampai Mei 20t3. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan korelasional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel acak sederhana. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa SMA Negeri 4 Jakarta yang berjumlah 510 siswa. Populasi terjangkau adalah siswa kelas )il IPS yang berjumlah 80 siswa. Jumlah sampel dengan tingkat kesalahan 5Yo pada populasi terjangkau 80 siswa adalah 65 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk non tes yang berupa kuisioner pada masing-masing terdiri dari pemyataan untuk variabel X (Kreativitas Belajar), sedangkan data untuk variabel Y (Hasil Belajar) diperoleh langsung dari tempat penelitian. Sebelum instrumen tersebut dipergunakan telah diuji cobakan kepada 30 siswa di SMA Negeri 4 Jakarta. Kedua instrumen tersebut dihitung validitasnya. Dari perhitungan validitas instrumen, untuk variabel X (Kreativitas Belajar) 26 pemyataan dinyatakan valid dan 4 pernyataan dinyatakan tidak valid. Dari hasil uji coba diperoleh reliabilitasnya untuk variabel X: 0,965. Dengan demikian instrumen ini valid dan reliabel untuk dipergunakan. Hasil pengujian atau analisis data sebagai berikut: Persamaan regresi yang diperoleh adalah t : 65,49+0 JAZ X. Dari hasil uji persyaratan analisis diperoleh galat taksiran regresi Y atas X berdistribusi normal (Lo: 0,093 < I4: 0,109). Uji keberartian dan kelinieran regresi dengan menggunakan tabel Analisis varians (ANAVA) diperoleh yaitu F hitung :33,28 > F table : 4,00. Hal ini rnenunjukkan regresi signifikan. Dan uji kelinieran regresi menghasilkan Fnitune : 0,59 < F*u"r : 1,94. Hal ini menunjukkan regresi linier. Uji hipotesis dilakukan dengan uji keberartian koefisien korelasi Product Moment dengan ro,: 0,588 dan thitung sebesar5,77 dan ttabel sebesar 1,67. Karena t16n'* > taumaka Ho ditolak, Hi diterimq ymg artinya terdapat positif antara Kreativitas Belajar dengnn Hasil Belajar Siswa IIasil penelitian ini menyimpulkan bhwa terdapat pengaruh positif antara kreativitas belajar siswa dengan hasil betajar siswa. Dengan pertrihngan koefisien determinasi atau penenhr diperoletr hasil 0,3456. Ini hrarti kedivitas belajar memberikan kontibusi atau sumhngan sebesar 34,560/o tedladfip hasit belajar siswa.***** The aim of this research was to get the data with a method in the connection between the students' leaming result which could be predicted from its connection with students' creativity in study in the entrepreneurship local content subject at SMA N 4 lakartathat has been done from December 2012 to May 2013. This research used survey as the method with correlational approach. The technique to get the sample that has been used was simple random sample. The population of the sample in this research was all student in SMA N 4 Jakarta that is 510 students. Achievable population in class XI IPS was 80 students. Total sample with 5% failure level in 80 students achievable population was 65 students. Insturment that was used in this research was non-test that was questionnaire that consist of X variable statement (creativity in study), meanwhile the data for Y variable (result of study) was gotten directly from the place of the research. Before those instruments was used, they had been experimented to 30 students in SMA N 4 Jakarta. Those two instruments had been counted for its' validity. From the instrument validity, in X variable (creativity in study) 26 statements were stated valid and 4 statements were not valid. From the experiment the reliability for X: 0,965 has been founded. In result, this instrument was valid and reliable to be used. Results of testing or analysis of the data as follows: The regression equation obtained was Y : 65.49 +0.102 X. From the test results obtained by analysis of the error terms of estimated regression Y on X is normally distributed (Lo : 0.093 <Lt : 0.109). Significance and linearity regression testing using analysis of variance table (ANOVA) obtained the calculated F: 33.28> F table :4.00. This shows a significant regression. Linearity and regression test produces F value count : 0.59 <F table : 1.94. This shows a linear regression. Hypothesis testing is done to test the significance of the product moment correlation coefficient r xy : 0.588 and t count equal to 5.77 and t tables of 1.67. Because P t table then Ho is rejected Hi is accepced, which means that there is a positive comelation betrreen Creativity Leaming with Stdent Lemning Result The result of this research coqrcluded that there was a positive influence betrresn students' creativity in study with the result of the study. By calculcing the coefficient of determination or the rcsults obtained &telxrinant 0.3456. This means lerning crativity confibute or a contihrticr of 34.567o of tlre student learning result.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Siti Nurjanah, S.E., M.Si. ; 2). Ari Saptono, S.E., M.Pd.
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 14651 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2022 05:22
Last Modified: 22 Jul 2022 05:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32011

Actions (login required)

View Item View Item