GAMBARAN PENCAPAIAN TUGAS PERKEMBANGAN SISWA SMK INSAN GLOBAL JAKARTA

EKA NOVIRI WIJAYANTI, . (2013) GAMBARAN PENCAPAIAN TUGAS PERKEMBANGAN SISWA SMK INSAN GLOBAL JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
EKA NOVIRI WIJAYANTI 1715071298.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pencapaian tugas perkembangan pada siswa SMK Insan Global Jakarta. Metode yang digunakan adalah survey yang bersifat deskriptif, sampel dan populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Insan Global Jakarta. Teknik sampel yang digunakan adalah Proportional stratified random sampling dengan sampel sebanyak 63 responden. Dalam penelitian ini instrumen yang digunakan untuk pengambilan data adalah Inventori Tugas Perkembangan (ITP) tingkat SMA yang dikembangkan oleh Kartadinata, dkk. Data penelitian dikategorikan sebagaimana tingkatan perkembangan yang dikemukakan Loevinger khusus untuk siswa tingkat SMA, yaitu Konformitas, Sadar diri, Seksama, dan Individulitas. Hasil penelitian diperoleh berdasarkan hasil interpretasi hasil anallisa ITP menggunakan program aplikasi khusus ATP (Analisa Tugas Perkembangan) versi 3,5. Secara keseluruhan siswa memiliki skor rata-rata profil tugas perkembangan sebesar 4,67 yang berarti pada tingkatan Sadar diri. Tugas perkembangan Landasan hidup religius memiliki rata-rata skor sebesar 4,62; Landasan perilaku etis 4,66; Kematangan emosional 4,53; Kematangan intelektual 4,75; Kesadaran tanggung jawab 4,60; Peran sosial sebagai pria atau wanita 4,70; Penerimaan diri dan pengembangannya 4,69; Kemandirian perilaku ekonomis 4,69; Wawasan persiapan karir 4,60; Kematangan hubungan dengan teman sebaya 4,88; dan Persiapan diri untuk pernikahan dan hidup berkeluarga 4,63. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh gambaran pencapian tugas perkembangan siswa SMK Insan Global Jakarta berada pada tingkat Sadar Diri menuju Seksama, sehingga diperlukan upaya bantuan agar tugas perkembangan dapat mencapai tingkat yang lebih tinggi, sesuai dengan tingkat ideal yang hendaknya dicapai pada masa remaja. Gambaran pencapaian tugas perkembangan ini dapat menjadi dasar bagi guru BK untuk menyusun program layanan BK. Selanjutnya dapat dilakukan layanan bimbingan kelompok maupun klasikal untuk mendorong siswa mencapai tingkat perkembangan secara optimal, melalui tema-tema yang terkait. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh gambaran pencapian tugas perkembangan. ***** The purpose of this study was to find out the illustration of level Insan Global Vocational High School Jakarta Students of Developmental Task Survey method with descriptive technique was use. The sample and population in this study were the students of Insan Global Vocational High School Jakarta. While proportional stratified random sampling with 63 students as a samples was used as sampling technique. Instruments to take the data was used Develpomental Task Inventory (ITP) for high school level, was developed by Kartadinata, et al. Research data was categorized into Konformitas, sadar Diri, Seksama, and Individualistik, by categories of Loevinger theory. The results gained were based on the interpretation analysis of ATP versi 3.5. Overall students had an average score of profile development tasks with Average category. Development task The foundation of religious life has a average skor of 4,62, 4,66 cornerstone of ethical behavior, 4,53 emotional maturity, intellectual maturity of 4,75, 4,60 awareness of responsibility, social roles as men or women 4,70, self acceptance and development 4,69, independence of economic behavior 4,69, 4,60 Insights career preparation, maturity relationships with peers 4,88, and the preparation for the wedding ourselves and family life 4,63. Based on the research, the level of developmental task of Insan Global Vocational High School Jakarta Student’s, at the Sadar Diri to Seksama category, necessary efforts to help that to achieve the developmental task of higher level, according to the ideal level should be achieved in adolescence. Description of the achievement of this task can be a basis for guidance and counseling teachers to develop programs BK. Furthermore, it can be done group guidance services and classical group guidance services to encourage students to achieve an optimal level of developmental task, through related themes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Wirda Hanim, M.Psi. ; 2). Dra. Dharma Setiawaty R.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: Users 14651 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2022 06:10
Last Modified: 29 Jul 2022 06:10
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32023

Actions (login required)

View Item View Item