PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR SISWA ANTARA YANG MENGGUNAKAN METODE ACTIVE LEARNING DENGAN YANG MENGGUNAKAN METODE CERAMAH BERVARIASI PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS X DI SMK PGRI 1 JAKARTA

ELISA IRAWATI, . (2013) PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR SISWA ANTARA YANG MENGGUNAKAN METODE ACTIVE LEARNING DENGAN YANG MENGGUNAKAN METODE CERAMAH BERVARIASI PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KELAS X DI SMK PGRI 1 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ELISA IRAWATI.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan motivasi belajar siswa antara yang menggunakan metode active learning dengan yang menggunakan metode ceramah bervariasi pada mata pelajaran akuntansi kelas X SMK. Penelitian ini dilakukan di SMK PGRI 1 Jakarta selama dua minggu, dimulai pada bulan Mei 2013. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan dua kelompok perbandingan. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMK PGRI 1 Jakarta. Dengan populasi terjangkau adalah siswa kelas X jurusan Akuntansi yang berjumlah 84 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas X Akuntansi 1 dan X Akuntansi 2, yang masing-masing berjumlah 32 (X Akuntansi 2) siswa untuk kelas eksperimen dan 33 (X Akuntansi 1) siswa untuk kelas kontrol. Jumlah keseluruhan sampel sebanyak 65 siswa diambil berdasarkan table dengan taraf kesalahan 5%. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini ditentukan dengan cara simple random sampling. Data motivasi belajar diperoleh dengan menggunakan instrumen berbentuk skala likert. Dimana variabel X dari 57 pernyataan yang telah dikalibrasi validitasnya, yang valid sebanyak 42 butir pernyataan, sisanya 15 butir drop. Kemudian dihitunglah reliabilitasnya dengan menggunakan rumus alpha cronbach. Hasil reliabilitas variabel X sebesar 0,93. Hal ini membuktikan bahwa instrumen tersebut valid dan reliabel. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji perbedaan dua ratarata (uji-t). Uji persyaratan data dilakukan dengan uji normalitas data dengan liliefors, uji homogenitas data dengan uji F. Hasil normalitas data untuk variabel X1, menghasilkan Lhitung (Lo) sebesar 0,1149 dibandingkan dengan Ltabel (Lt) pada taraf signifikansi 0,05 dengan jumlah 32 sampel yaitu 0,1566, maka Lo < Lt. Hal ini berarti data variabel X1 berdistribusi normal. Sedangkan uji normalitas data untuk variabel X2, menghasilkan Lhitung (Lo) sebesar 0,0639 dibandingkan dengan Ltabel (Lt) pada taraf signifikansi 0,05 dengan jumlah 33 sampel yaitu 0,1542, maka Lo < Lt. Hal ini berarti data variabel X2 berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas data adalah F tabel yang bernilai 1,82 dan t hitung bernilai 1,29. Maka Fhitung < F tabel. Hal ini berarti kedua data memiliki varians yang homogen. Selanjutnya dilakukan uji perbedaan dua rata-rata, didapat T hitung 4,45 dan Ttabel yang bernilai 1,67 maka thitung > ttabel. Hasil perhitungan tersebut dapat memberikan kesimpulan dari penelitian ini bahwa terdapat perbedaan motivasi belajar antara siswa yang menggunakan metode active learning dengan yang menggunakan metode ceramah bervariasi. ***** This research is aimed to know abaout the difference of learning motivation which used active learning method and lecturing method on accounting subject in state of vocational school. This research was conducted at SMK PGRI 1 Jakarta in two weeks, starting on May 2013. The method of the research is experimental with twogroup comparison. The population of the research is all students of SMK PGRI 1 Jakarta. There are 84 students which become the sample population of the research. The sample students are from X Accounting 1 and X Accounting 2. The experimental class consist of 32 students which are from X Accounting 2 and 33 controlled students are from X Accounting 1. The total amount of students is 65 students according to the 5% inaccuracy level from the target population. The sample used in the research is determined by simple random sampling. Data obtained using an instrument is a form of questionnaire with likert scale for the variable X (Learning Motivation). There are the variable X of 57 statements that have been calibrated validity, a valid statement as many as 42 items are valid and 15 items are drop. Then reliability process using Cronbach alpha formula. The results of the X variable reliability of 0.93. This proves that the instrument is valid and reliable. The data analysis technique used is the test of the difference between two average (t-test). Test data requirements done liliefors normality test data, test data homogeneity of test F. The results of the normality of the data for the variable X1, generating Lvalue (Lo) of 0.1149 compared to Ltable (Lt) at the 0.05 significance level by the number of 32 samples is 0.1566, then the Lo < Lt. It means that the data were normally distributed variable X1. While normality test data for variable X2, produces Lvalue (Lo) of 0.0639 compared to Ltable (Lt) at the 0.05 level by the number of 33 samples is 0.1542, then the Lo < Lt. It means that the data were normally distributed variable X2. The results of homogeneity test data is Ftables 1.82 and Fvalue is 1,29. So Fvalue < F table. It means that both the data have a homogeneous variance. Then test the difference between two average count obtained T-value 4.45 and T-Table is 1.67 then T-value > T-Table. The results of these calculations can provide the conclusions of this study that there is a difference in learning motivation between students who uses the active learning method and using lecturing method.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1 ). Dra. Sri Zulaihati, M.Si. ; 2 ). Susi Indriani, M.S. Ak.
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Ilmu Sosial > Perdagangan > Akuntansi
Divisions: FE > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 14651 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2022 23:06
Last Modified: 22 Jul 2022 23:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32035

Actions (login required)

View Item View Item