PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF (METODE ROLE PLAYING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NEGERI 46 JAKARTA

ERNAWATI, . (2013) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF (METODE ROLE PLAYING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NEGERI 46 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ERNAWATI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar Mengaplikasikan Keterampilan Dasar Komunikasi antara yang menggunakan metode role playing dengan yang menggunakan metode ceramah pada siswa kelas X jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 46 Jakarta. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 46 Jakarta selama 4 minggu terhitung mulai tanggal 29 April sampai dengan 24 Mei 2013. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa jurusan Administrasi Perkantoran. Dengan populasi terjangkau adalah seluruh kelas X AP yang berjumlah 79 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas X AP 1 dan X AP 2 yang masingmasing berjumlah 33 siswa (X AP 1) untuk kelompok kontrol dan 32 siswa (X AP 2) untuk kelompok eksperimen. Jumlah keseluruhan sampel sebanyak 65 siswa yang diambil berdasarkan tabel Isaac Michael dengan taraf kesalahan 5 %. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini ditentukan dengan cara simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk objektif tes untuk Standar Kompetensi Mengaplikasikan Keterampilan Dasar Komunikasi. Instrumen penilaian menggunakan soal yang berbentuk pilihan ganda sebanyak 35 butir soal. Selanjutnya uji persyaratan analisis yaitu menguji normalitas x1 dan x2 dengan uji Liliefors, diperoleh data berdistribusi normal. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan yang menunjukkan L01 (0,1231) < Lt1 (0,1565) dan L02 (0,1334) < Lt2 (0,1543). Kemudian dilakukan uji homogenitas dengan rumus Fisher dan diperoleh Fhitung < Ftabel (1,74 < 1,76), ini menunjukkan bahwa H0 diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa data kedua kelompok homogen. Dari perhitungan uji hipotesis dengan uji perbedaan dua rata-rata (uji-t) diperoleh hasil belajar Standar Kompetensi Mengaplikasikan Keterampilan Dasar Komunikasi pada siswa dengan metode role playing = 80,75 lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa dengan metode ceramah = 66,76. Perbedaan ini dianalisa dengan uji-t dan diperoleh harga rasio sebesar 1,98. Karena thitung terletak di luar daerah penerimaan, maka H0 ditolak dan hipotesis diterima. Jadi terdapat perbedaan hasil belajar Mengaplikasikan Keterampilan Dasar Komunikasi antara yang menggunakan metode role playing dengan yang menggunakan metode ceramah pada siswa kelas X AP di SMK Negeri 46 Jakarta. ***** This research is aimed to know about the different result of Mengaplikasikan Keterampilan Dasar Komunikasi that using role playing method and lecturing method at SMK negeri 46 Jakarta. This research was conducted at SMK Negeri 46 Jakarta in four weeks, starting from 29th April until 24th May. This method of research is experimental. The population of the research is all student of office administration class. There are 79 students which become the sample population of research. The sample student are from X AP 1 and X AP 2. The controlled class consist of 33 students which are from X AP 1 and 32 experimental students are from X AP 2. The total amount of the students is 65 student according to 5 % innaccuracy level from the target population. The sample used in the research is determined by simple random sampling. The instrument used in the research is in form of objective test. The instrument used multiple choice questions that amount 35 questions. The next is analytical prerequisite test which is to test normality X1 and X2 with Liliefors experiment which draw conclusion that the distribution is normal. This is proven by the total amount which show that L01 (0,1231) < Lt1 (0,1565) and L02 (0,1334) < Lt2 (0,1543). After that, homogenity experiment is done using Fisher and result Fhitung < Ftabel (1,74 < 1,76), this shows that H0 is accepted so that both groups are homogen. From the hypothesis test total with two average test (uji-t) results of learning outcomes on students using role playing method, which is = 80,75 and it is higher than lecturing method = 66,76. The differences are tested by t-test and result ratio score 1,98. Because thitung exists in the outer acceptable area, so H0 is denied and the hypothesis is approved. The research contributes a significant results between role playing method and lecturing method on student of office administration at SMK Negeri 46 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Widya Parimita, S.E., M.P.A. ; 2). Dewi Nurmalasari, S.Pd., M.M.
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 14651 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2022 23:17
Last Modified: 22 Jul 2022 23:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32040

Actions (login required)

View Item View Item