HUBUNGAN ANTARA GAYA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS XI PEMASARAN DI SMKN 48 JAKARTA

FAUZIA RAKHMA, . (2013) HUBUNGAN ANTARA GAYA BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA KELAS XI PEMASARAN DI SMKN 48 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI_FAUZIA RAKHMA_8105097420.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data/fakta yang tepat (shahih, benar, valid) dan dapat dipercaya (reliabel) tentang sejauh mana hubungan antara gaya belajar dengan prestasi belajar pada siswa kelas XI Pemasaran di SMK Negri 48 Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama 6 bulan terhitung sejak bulan Febuari sampai Juni 2012. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey pendekatan korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Pemasaran di SMK Negri 48 Jakarta, yakni berjumlah 58 siswa dengan sampel penelitian adalah 51 siswa dengan taraf perhitungan sampling error 5 %. Teknik pengambilan sampel ini dengan menggunakan teknik sampling acak sederhana. Untuk menjaring data variabel X (Gaya Belajar), digunakan instrumen berbentuk skala likert dan variabel Y (Prestasi Belajar Siswa) menggunakan data sekunder yang berdasarkan nilai rata-rata rapot. Sebelum digunakan instrument untuk variabel X dilakukan uji validitas konstruk,yaitu perhitungan koefisen skor butir dengan skor total dan uji relibilitas dengann rumus Alpha Cronbach. Hasil reliabilitas variabel X (Gaya Belajar) sebesar 0,940. Uji persyaratan analisis yang dilakukan adalah dengan mencari persamaan regresi yang di dapat adalah Ŷ = 55,63 + 0,15 X. Selanjutnya adalah uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan menggunakan uji Liliefors dan diperoleh Lhitung = 0.0848 dibandingkan dengan Ltabel pada taraf signifikansi 0.05 sebesar 0.1240. maka Lo<Lt. Hal ini berarti galat taksiran Y atas X berdistribusi normal. . Sedangkan uji kelinieran menghasilkan Fhitung (-0,72) < Ftabel (1.97), ini berarti model regresi yang dipakai linier. Uji keberartian regresi diperoleh Fhitung (5,26) > Ftabel (4.04), ini membuktikan bahwa regresi berarti. Uji koefisien korelasi product moment menghasilkan rxy sebesar 0.320. Kemudian dilanjutkan dengan uji signifikansi koefisien dengan menggunakan uji t. Hasil yang diperoleh adalah thitung (2,362), sedangkan ttabel pada dk = n – 2 = 51 – 2 = 49 dan taraf signifikansi 0.05 adalah 1.68, berarti thitung > ttabel. Perhitungan koefisien determinasi menghasilkan rxy 2 = 0.3202 = 0.1022. Ini menunjukan bahwa 10,22% variasi prestasi belajar siswa ditentukan oleh gaya belajar siswa. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara gaya belajar dengan prestasi belajar pada siswa kelas XI Pemasaran di SMKN 48 Jakarta. ***** This study aims to get the data / facts right (authentic, true, valid) and trustworthy (reliable) on the extent to which the relationship between learning styles and the learning achievement in grade XI Marketing at SMK Negri 48 Jakarta. The research was conducted for 6 months from the month of February until June 2012. The method used was a survey method approach to correlation. The population in this study were students of class XI Marketing at SMK Negri 48 Jakarta, which amounted to 60 students with study sample is 51 students with a level calculations of sampling error of 5%. This sampling technique using simple random sampling technique. To gather data variable X (Learning Styles), shaped instrument used a Likert scale and Y variables (Student Achievement) using secondary data based on the average value rapot. Prior to use the instrument for a variable X used the construct validity through the validation process is the calculation of the coefficient calculation with the item score and the total test score reliability and Cronbach alpha formula. Results of reliability variable X (Learning Styles) of 0.940. Test requirements analysis is done by looking at the regression equation can be is y = 55.63 + 0.15 X. Next is the estimated regression error normality test Y on X using Liliefors test and obtained Lhitung = 0.0848 compared with Ltabel at 0.05 significance level of 0.1240. then Lo <Lt. This means that the estimated error Y on X is normally distributed. While the linearity test result Fcount (-0.72) <F table (1.97), this means linear regression models were used. Test the significance of regression F value (5.26)> F (4:04), this proves that the mean regression. Product moment correlation coefficient test result of 0.320 rxy. Then proceed with the coefficient significance test using the t test. The result is t (2,362), while ttable on df = n - 2 = 51-2 = 49 and 0.05 significance level is 1.68, meaning t> t table. Calculating the coefficient of determination produce rxy2 = 0.3202 = 0.1022. This shows that 10.22% of the variation is determined by student achievement student learning styles. The conclusion of this study is that there is a positive relationship between learning styles and the learning achievement in grade XI Marketing at SMKN 48 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Nurahma Hajat, M.Si. ; 2). Dra. Rochyati
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 14651 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2022 23:50
Last Modified: 22 Jul 2022 23:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32051

Actions (login required)

View Item View Item