PENGARUH KECERDASAN EMOSI TERHADAP STRES KERJA PADA PENGAJAR MUDA DI GERAKAN INDONESIA MENGAJAR

FIANY APRILIA, . (2018) PENGARUH KECERDASAN EMOSI TERHADAP STRES KERJA PADA PENGAJAR MUDA DI GERAKAN INDONESIA MENGAJAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI FIANY APRILIA FULL.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh kecerdasan emosi terhadap stres kerja pada Pengajar Muda di Gerakan Indonesia Mengajar. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah Pengajar Muda di Gerakan Indonesia Mengajar dan sampel penelitian adalah 72 orang Pengajar Muda angkatan 14, 15, dan 16. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala stres kerja dari teori Robbins dan Emotional Intelligence Questionnaire dari teori Goleman untuk mengukur kecerdasan emosi. Metode analisis data menggunakan analisis regresi. Hasil analisis regresi satu prediktor adalah F = 15,462 ; p < 0,05 yang mengindikasikan terdapat pengaruh negatif signifikan dari kecerdasan emosi terhadap stres kerja pada Pengajar Muda yang berarti bahwa semakin tinggi kecerdasan emosi maka semakin rendah stres kerja dan sebaliknya. Variabel kecerdasan emosi berkontribusi sebesar 16,9% terhadap variabel stres kerja

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Fitri Lestari Issom, M.Si. ; 2). Mauna, M.Psi.
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FPP > S1 Psikologi
Depositing User: Users 212 not found.
Date Deposited: 06 Feb 2020 15:57
Last Modified: 06 Feb 2020 15:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3206

Actions (login required)

View Item View Item