PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PARTISIPASI ANGGOTA PADA ANGGOTA KOPERASI SIMPAN PINJAM TAKERA (TABUNGAN KELUARGA SEJAHTERA) JAKARTA PUSAT

HANDAR APRIYATNA, . (2013) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PARTISIPASI ANGGOTA PADA ANGGOTA KOPERASI SIMPAN PINJAM TAKERA (TABUNGAN KELUARGA SEJAHTERA) JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi FIX (Handar A).pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pengetahuan berdasarkan data dan fakta yang fasih, benar, dan dapat dipercaya. Penelitian ini dilakukan selama 4 bulan terhitung sejak bulan Maret 2013 sampai dengan bulan Juni 2013. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriftif dengan pendekatan regresi sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota koperasi simpan pinjam TAKERA. Data variabel Y adalah partisipasi anggota, data variabel X adalah kualitas pelayanan, yang merupakan data primer yang di dapat dari instrument yang berbentuk kuisioner. Teknik analisa data dimulai dengan mencari persamaan regresi sederhana dan diperoleh persamaan regresi Ŷ = 24.75 + 0.665X. Sedangkan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji liliefors diperoleh Lhitung = 0.074 sedangkan Ltabel untuk n = 90 pada taraf signifikasi 0.05 adalah 0.109. Karena Lhitung < Ltabel variabel X dan Y berdistribusi normal, hal ini berarti sampel berasal dari populasi berdistribusi normal. Uji keberartian dan kelinearan regresi dengan menggunakan tabel Analisis Varians (ANAVA) diperoleh persamaan regresi Fhitung (37.78) > Ftabel (3.96) yang berarti persamaan regresi tersebut signifikan yang menyatakan regresi sangat berarti serta uji linearitas regresi yang menghasilkan Fhitung (1.36) < Ftabel (1.69) yang menunjukkan bahwa model regresi yang digunakan adalah linear. Uji hipotesis dilakukan dengan koefisien korelasi hubungan dengan rumus Product Moment menghasilkan rxy sebesar 0.584. Kemudian uji signifikansi dengan thitung sebesar 6.15 dan ttabel sebesar 1.67. Karena thitung > ttabel , maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Kualitas Pelayanan dengan Partisipasi Anggota Pada anggota Koperasi Simpan Pinjam TAKERA (Tabungan Keluarga Sejahtera) Jakarta Pusat. Uji koefisien determinasi menghasilkan KD sebesar 0.3004, hal ini berarti variasi variabel Y (Partisipasi Anggota) dipengaruhi oleh variabel X (Kualitas Pelayanan) sebesar 0.3004. Hasil penelitian ini telah menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara Kualitas Pelayanan dengan Partisipasi Anggota. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik kualitas pelayanan yang diberikan maka semakin tinggi partisipasi anggota ***** This study aims to gain knowledge based on data and facts are eloquent, true, and trustworthy. The research was carried out for 4 months from March 2013 through June 2013. The method used is descriptive method with simple regression approach. The population in this study are members of cooperatives TAKERA. Data is the participation of a member variable Y, X is a variable data service quality, which is the primary data obtained from questionnaires shaped instrument. The data analysis begins with the search for a simple regression equation and obtained the regression equation Y = 24.75 + 0.665X. While testing the normality test requirements analysis error estimates of regression Y on X with Liliefors test obtained Lhitung = 0.074 whereas L ¬ table for n = 90 at the 0.05 significance level is 0.109. Because Lhitung <Ltabel variables X and Y are normally distributed, this means that the samples come from normally distributed population. Significance testing and regression kelinearan using Analysis of Variance table (ANOVA) F value obtained regression equation (37.78)> F (3.96) which means that the regression equation is significant that states very significant regression and regression linearity test that produces Fcount (1:36) <F table (1.69 ) which indicates that the regression model used is linear. Hypothesis testing is done with the relationship with the correlation coefficient generate rxy Product Moment formula for 0584. Then test with a significance of 6.15 and the t ttable 1.67. Because t> t table, it was concluded that there is a significant relationship between Quality of Service with Member Participation In TAKERA member Credit Unions (Saving Family Welfare) Central Jakarta. KD determination coefficient test result of 0.3004, this means that the variation of the variable Y (Member Participation) is affected by the variable X (Quality of Service) of 0.3004. The results of this study have demonstrated the existence of a positive and significant effect between Quality of Service with Member Participation. This shows that the better the quality of services provided, the higher the participation of members.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Endang Sri Rahayu, M.Pd.,; 2). Dicky Iranto, SE, MSE.,.
Subjects: Ilmu Sosial > Koperasi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 14651 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2022 03:06
Last Modified: 02 Aug 2022 03:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32103

Actions (login required)

View Item View Item