I GUSTI AYU MITA KOMALASARI, . (2018) HUBUNGAN SELF-COMPASSION DENGAN OPTIMISME PADA GURU SEKOLAH DASAR LUAR BIASA NEGERI DI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Skripsi FPPSI.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self-compassion dengan optimisme pada guru Sekolah Dasar Luar Biasa negeri di Jakarta. Subjek penelitian ini adalah 70 guru SDLB negeri di Jakarta yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Karakteristik sampel yang digunakan adalah aktif mengajar dan berdomisili di Jakarta serta menangani lebih dari satu disabilitas pada ABK. Tipe penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner/instrumen penelitian yang diadaptasi dari peneliti sebelumnya. Instrumen optimisme diadaptasi dari Alfiani (2017) yang disusun berdasarkan teori Seligman (2006) sedangkan instrumen self-compassion diadaptasi dari Neff (2003). Kedua instrumen yang dibuat telah diuji validitas dan reliabilitasnya, dan tergolong dalam kriteria reliabel. Uji hipotesis penelitian dilakukan menggunakan teknik analisis korelasi Pearson’s product-moment. Hasil analisis menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,153, yang berarti lebih besar dari taraf signifikansi (0,05). Nilai tersebut dapat diinterpretasikan dengan tidak terdapat hubungan antara self-compassion dengan optimisme. Pada hipotesis awal, penulis menghubungkan keberadaan self-compassion dengan keyakinan diri seseorang yang akhirnya menimbulkan suatu optimisme. Namun dikarenakan tidak terbukti, hal ini berarti terdapat faktor lain yang memiliki peran lebih kuat dalam memengaruhi optimisme pada seseorang. Faktor-faktor lain yang memengaruhi optimisme adalah pengalaman, harga diri dan dukungan sosial.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Mauna, M.Psi. ; 2). Mira Ariyani, Ph.D. |
Subjects: | Pendidikan > Psikologi Pendidikan |
Divisions: | FPPsi > S1 Psikologi |
Depositing User: | Users 212 not found. |
Date Deposited: | 06 Feb 2020 16:20 |
Last Modified: | 06 Feb 2020 16:20 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3211 |
Actions (login required)
View Item |