PENGARUH EFIKASI DIRI TERHADAP RESILIENSI DIRI PADA GURU SEKOLAH DASAR SWASTA DI JAKARTA TIMUR

INENG WAHYUNI, . (2018) PENGARUH EFIKASI DIRI TERHADAP RESILIENSI DIRI PADA GURU SEKOLAH DASAR SWASTA DI JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Ineng Wahyuni (1125142146).pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri terhadap resiliensi diri pada guru sekolah dasar swasta. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Pengukuran resiliensi diri menggunakan alat ukur yang dimodifikasi dari hasil adaptasi oleh Mahesti Pertiwi (2011) dengan reliabilitas 0,71 dan pengukuran efikasi diri menggunakan alat ukur yang dimodifikasi dari hasil konstruk oleh Irvan Hadi (2011) dari teori Bandura dengan reliabilitas 0,95. Prosedur teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 150 guru. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan analisis regresi (Anareg) diperoleh nilai F = 78,135; p=0,000 < 0,05 (signifikan). Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan efikasi diri terhadap resiliensi, dengan persamaan regresi Y = 41,248 + 0,920 yang artinya semakin tinggi efikasi diri maka semakin tinggi pula resiliensi diri, dan sebaliknya dengan pengaruh efikasi diri terhadap resiliensi diri sebesar 34,6%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Phil Zarina Akbar, M.Psi. ; 2). Irma Rosalinda, M.Psi.
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FPP > S1 Psikologi
Depositing User: Users 212 not found.
Date Deposited: 07 Feb 2020 10:45
Last Modified: 07 Feb 2020 10:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3212

Actions (login required)

View Item View Item