PENGARUH KEBERFUNGSIAN KELUARGA TERHADAP KONTROL DIRI SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS YANG MEMILIKI ORANGTUA PEKERJA FULLTIME

IQLIMA SYAHNEZIA, . (2015) PENGARUH KEBERFUNGSIAN KELUARGA TERHADAP KONTROL DIRI SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS YANG MEMILIKI ORANGTUA PEKERJA FULLTIME. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI IQLIMA SYAHNEZIA 1125115056.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keberfungsian keluarga terhadap kontrol diri siswa sekolah menengah atas yang memiliki orangtua pekerja fulltime. Sampel penelitian ini adalah siswa-siswi SMA negeri dari 3 sekolah di daerah Jakarta Selatan dengan total 132 orang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah multiphase cluster sampling. Pengumpulan data menggunakan skala The Mc Master Family Assessment Device dan Self Control Scale yang telah disesuaikan dengan kebutuhan penelitian di lapangan. Analisis statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linier dengan menggunakan program SPSS versi 16.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan keberfungsian keluarga terhadap kontrol diri siswa sekolah menengah atas yang memiliki orangtua pekerja fulltime. Pengaruh yang dihasilkan bersifat positif atau searah. Hal ini menunjukkan bahwa semakin efektif keberfungsian sebuah keluarga maka akan berdampak pada semakin tingginya kontrol diri siswa. Besar pengaruh yang dihasilkan keberfungsian keluarga terhadap kontrol diri siswa adalah 0,065 (6,5%) dan sisanya 93,5% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Anna Armeini Rangkuti, M.Si. ; 2). Lussy Dwi Utami Wahyuni, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FPP > S1 Psikologi
Depositing User: fakultas psikologi unj
Date Deposited: 07 Feb 2020 10:48
Last Modified: 07 Feb 2020 10:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3213

Actions (login required)

View Item View Item