HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN MINAT BELAJAR KEWIRAUSAHAAN PADA SISWA KELAS X SMKN 10 DI JAKARTA TIMUR

JAYANTI PUSPITORINI, . (2013) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN MINAT BELAJAR KEWIRAUSAHAAN PADA SISWA KELAS X SMKN 10 DI JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB)
[img] Text
daftar riwayat hidup.pdf

Download (331kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (129kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (857kB)
[img] Text
lembar pengesahan, daftar isi, dll.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I-5.pdf

Download (574kB)
[img] Text
lampiran-min (1).pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan berdasarkan data atau fakta yang sahih dan valid, benar dan dapat dipercaya tentang seberapa besar hubungan antara kecerdasan emosional dengan minat belajar kewirausahaan pada siswa kelas X SMKN 10 di Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan korelasi. Variabel bebasnya adalah kecerdasan emosional dan minat belajar adalah variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dengan populasi terjangkau sebanyak 70 orang siswa. Sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 58 orang siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah secara acak sederhana. Teknik analisis data dimulai dengan mencari persamaan regresi linier sederhana dan didapat Ŷ = 44,11+ 0,55X. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji liliefors didapat Lhitung (Lo) 0,0721 < Ltabel (Lt) 0,1194. Ini menandakan bahwa model regresi berdistribusi normal. Sedangkan uji kelinieran regresi didapat F Hitung (0,97) < F Tabel (1,96). Ini menunjukkan bahwa model regresi linier. Dari uji hipotesis dengan uji keberartian regresi diketahui bahwa model regresi berarti F Hitung (151,83) > F Tabel (4,02). Dari uji hipotesis dengan uji koefisien korelasi product moment dari Pearson diperoleh rxy = 0,854, maka ini berarti terdapat hubungan positif antara kecerdasan emosional dengan minat belajar kewirausahaan. Dari perhitungan uji-t diketahui thitung = (12,308) > ttabel = (1,67), sehingga ini menunjukkan terdapat hubungan yang berarti (signifikan) antara kecerdasan emosional dengan minat belajar kewirausahaan. Sedangkan dari hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh nilai 73,01% yang menunjukkan bahwa minat belajar kewirausahaan siswa ditentukan oleh kecerdasan emosional sebesar 73,01%. Hasil penelitian ini telah membuktikan adanya hubungan yang positif antara kecerdasan emosional dengan minat belajar kewirausahaan pada siswa kelas X SMKN 10 Jakarta Timur. Hal ini berarti bahwa jika semakin tinggi kecerdasan emosional maka semakin tinggi minat belajar kewirausahaan siswa ***** The study is aimed at obtaining valid and factual information and knowledge about correlation between emotional intelligence with interest in learning entrepreneurship to student in the tenth grade at SMKN 10 East Jakarta. The study employs descriptive method with correlation approach Independent variable in the study is emotional intelligence with interest in learning as dependent variable. The population in this study were students in tenth grade, amounting to 70 people students. While the sample used as many as 58 students. According to statistical computation the study reveals the regression Ŷ = 44,11+ 0,55X. Result of normality test of error estimation Y on X shows that the data are normality distributed with Lcount (Lo) 0,0721 < Ltable (Lt) 0,1194 which further means that Lo < Lt (Ho is accepted). Moreover, based on result of hypothesis test it’s known that value for Fcount (151,83) > Ftable (4,02), for Fcount (0,97) < Ftable (1,96) and therefore, Ho is accepted. Conclusion from the statistical computation is that the regression model of Ŷ = 44,11+ 0,55X is significant. tcount = (12,308) > ttable = (1,67) means that Ho is accepted and the model is linier. Based on calculation the study result in determination coefficient as of 73,01% which means that interest in learning entrepreneurship is affected significantly by emotional intelligence. Interest in learning entrepreneurship is affected by emotional intelligence of 73,01%. The result of this study has proved the existence of a positive and significant correlation between emotional intelligence with interest in learning entrepreneurship to student in the tenth grade at SMKN 10 East Jakarta.. This means that if the higher emotional intelligence will make the better interest in learning entrepreneurship of student.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Corry Yohana, M. M ; 2). Drs. Nurdin Hidayat, M. M. M. Si
Subjects: Ilmu Sosial > Kewirausahaan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 14651 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2022 05:35
Last Modified: 02 Aug 2022 05:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32144

Actions (login required)

View Item View Item