PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP FINANCIAL DISTRESS PADA BANK GO PUBLIC YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)ANTARA TAHUN 2008-2011

NI KETUT NOVI KURNIATI, . (2013) PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP FINANCIAL DISTRESS PADA BANK GO PUBLIC YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)ANTARA TAHUN 2008-2011. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI FIX DARI COVER-LAMPIRAN BAB 1-5.pdf

Download (773kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh rasio keuangan terhadap prediksi financial distress pada bank go public yang terdaftar di BEI antara tahun 2008-2011. Rasio keuangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rasio CAMEL yang digunakan untuk menilai tingkat kesehatan bank umum yang terdiri dari 5 aspek yaitu Capital, Assets, Manajemen, Earning dan Liquidity.Variabel bebas yang digunakan dalam penelitian ini adalah CAR, NIM, LDR, MVE/BVD, RE/TA dan ROE sebagai proksi dari rasio CAMEL. Sedangkan variabel terikatnya adalah prediksi financial distress yang merupakan variabel dummy dengan kategori bank sehat dan bank tidak sehat. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 24 perusahaan bank go public yang terdaftar di BEI pada periode 2008-2011. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang berasal dari laporan keuangan yang dipublikasikan.Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi logistik (logit).Dari hasil pengujian penelitian ini, diketahui bahwa secara simultan rasio CAR, NIM,LDR, MVE/BVD, RE/TA dan ROE dapat menjelaskan model regresi logistik yang digunakan.Sedangkan pengujian secara parsial, rasio CAR, NIM dan ROE memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap prediksi financial distress.Kemudian, rasio LDR dan RE/TA memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prediksi financial distress, sedangkan rasio MVE/BVD memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap prediksi financial distress. ***** The purpose of this study is to know the effect financial ratio on financial distress evidence from bank go public listed on the Indonesia Stock Exchange in 2008- 2011. This study use the financial ratios of CAMEL to determine the financial performance with five aspects, Capital, Assets, Management, Earning and Liqudity. The independent variabel in this study are CAR, NIM, LDR, MVE/BVD, RE/TA and ROE as a proxy CAMEL ratios. As for the dependent variabel is a dummy variabel with the categories of healthy banks and unhealthy banks. The samples are 24 bank go public listed on the Indonesia Stock Exchange during the period 2008-2011. The type of data used are secondary data derived from published financial statements. The method in this study is analysis logistic regeression. The empirical results show ratio CAR, NIM, LDR, MVE/BVD, RE/TA and ROE that simultaneous can explain the model of analysis logistic regression. Partially, ratio CAR, NIM and ROE have negative and significant effect on financial distress. Ratio LDR and RE/TA have positive and significant effect on financial distress. Further, ratio MVE/BVD have positive and do not significant effect on financial distress.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Hamidah, S.E., M.Si. ; 2). Dra. Umi Mardiyati, M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Keuangan
Divisions: FE > S1 Manajemen
Depositing User: Users 14651 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2022 06:58
Last Modified: 02 Aug 2022 06:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32185

Actions (login required)

View Item View Item