MODEL PEMBELAJARAN KEBUGARAN JASMANI BERBASIS MODIFIKASI PERMAINAN TRADISIONAL LOMBOK PADA SISWA KELAS ATAS SEKOLAH DASAR

EDI KURNIAWAN, . (2022) MODEL PEMBELAJARAN KEBUGARAN JASMANI BERBASIS MODIFIKASI PERMAINAN TRADISIONAL LOMBOK PADA SISWA KELAS ATAS SEKOLAH DASAR. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (993kB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (241kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (802kB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (314kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI EDI K.pdf

Download (110kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kefektifan model pembelajaran kebugaran jasmani berbasis modifikasi permainan tradisional Lombok untuk siswa kelas atas Sekolah Dasar. Metode yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang mengadopsi dari teori Borg and Gall 10 tahapan. Penelitian ini menggunakan instrumen tes kebugaran jasmani Indonesia sedangkan teknik analis data menggunakan metode quasi experient desain. Subjek penelitan ini berjumlah 180 siswa kelas atas yang terdiri dari kelompok kontrol (n=90) dan kelompok eksperimen (n=90). Hasil dari penelitian menunjukkan output Independent Samples Test, diperoleh nilai Sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05. Maka model pembelajaran kebugaran jasmani berbasis permainan tradisional Lombok siswa sekolah dasar kelas atas memiliki pengaruh yang signifikan, sedangkan untuk menguji kefektifan penerapan model pembelejaran menggunakan dengan menghitung skor N-Gain, dengan nilai rata-rata kelompok kontrol 9.08%, tidak efektif sedangankan kelompok eksperimen 51.9 % cukup efektif. Selain itu, penelitian ini menghasilkan produk model pembelajaran kebugaran jasmani berbasis modifikasi permainan tradisional Lombok pada siswa sekolah dasar kelas atas yang terdiri dari 37 item model pembelajaran. Dari 37 item model latihan yang sudah di validasi oleh 3 ahli yaitu ahli Pembelajaran kebugaran jasmani, permainan tradisional, dan media pembelajaran. Kesimpulan model pembelajaran kebugaran jasmani berbasis modifikasi permainan tradisional Lombok terdapat pengaruh signifiakan dan efektif dapat meningkatkan kebugaran jasmani siswa kelas atas SD dan menghasilkan 37 produk item model latihan kebugaran jasmani berbasis permainan tradsional Lombok pada siswa kelas atas sekolah dasar. This study aims to develop and test the effectiveness of the model physical fitness learning based on a modification of traditional Lombok games for upper grade elementary school students. The method used is research and development which adopts the theory of Borg and Gall 10 stages. This study uses an Indonesian physical fitness battrey test while the data analysis technique uses a quasi-experiential design method. The subject of this study found 180 students consisting of the control group (n=90) and the experimental group (n=90). The results of the study showed the output of the Independent Samples Test, obtained the value of Sig. (2-tails) = 0.000 < 0.05. Then the Lombok traditional game-based fitness learning model for school elementary students has a significant effect, to test the effectiveness of the application of the learning model using the N-Gain score, with an average value of 9.08% of the control group, not effective while the experimental group of 51.9% is quite effective . In addition, this study resulted in the learning model of physical fitness based on modifications of traditional Lombok games for upper class elementary school students consisting of 37 learning model items. Of the 37 learning model items that have been validated by 3 experts, namely experts in learning physical fitness, traditional games, and media learning. The conclusion of the physical fitness learning model based on the modification of traditional Lombok games has a significant and effective effect on increasing the physical fitness of upper class elementary school students, and produces 37 products of traditional Lombok game-based physical fitness training models for upper class elementary school students.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. dr. James Tangkudung., SportMed., M.Pd ; 2). Prof. Dr. Widiastuti, M.Pd
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga > Kepelatihan,Manajemen Kepelatihan
Divisions: PASCASARJANA > S3 Pendidikan Olahraga
Depositing User: Users 14632 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2022 05:20
Last Modified: 02 Aug 2022 05:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32190

Actions (login required)

View Item View Item