PERBEDAAN ANTARA PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN PENDEKATAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMKN 45 JAKARTA

NURHASNI APRIANTI, . (2013) PERBEDAAN ANTARA PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN PENDEKATAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMKN 45 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
matriks.pdf

Download (259kB)
[img] Text
Skripsi Nurhasni_compressed.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris apakah hasil belajar siswa yang menggunakan pendekatan kontekstual lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang menggunakan pendekatan konvensional. Berdasarkan teori dan konsep serta kerangka berfikir, maka dirumuskan hipotesis penelitian yang menyatakan bahwa hasil belajar akuntansi siswa yang menggunakan pendekatan kontekstual lebih tinggi daripada yang menggunakan pendekatan konvensional. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 45 Jakarta pada semester ganjil tahun ajaran 2012-2013 selama empat bulan terhitung sejak september hingga desember 2012. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen, dengan sampel penelitian sebanyak dua kelas yang masing-masing berjumlah 39 siswa. Instrumen penelitian ini berupa objektif tes sebanyak 45 soal dengan lima pilihan. Instrumen ini digunakan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi siswa kedua kelompok tersebut, setelah dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas. Berdasarkan uji persyaratan, data akan berdistribusi normal apabila L0 < Lt dan sebaliknya data tidak berdistribusi normal apabila . Uji normalitas data dilakukan pada pendekatan konvensional dengan pembelajaran kontekstual. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan t-tes pada taraf signifikansi 0,05. Dari hasil data harga thitung yang diperoleh adalah 4,69 sedangkan harga ttabel adalah 1,68. Ini berarti harga t hasil perhitungan lebih besar dari harga t tabel, sehingga harga t hitung signifikan untuk menolak H0. Dari perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan uji beda dua rata-rata (uji t) diperoleh hasil belajar siswa mata pelajaran akuntansi yang menggunakan pendekatan kontekstual X1 = 89, 4 lebih tinggidari pada hasil belajar akuntansi siswa dengan pendekatan konvensional yaitu X2 = 85. Kesimpulan diatas memberikan suatu pengertian bahwa pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa. ***** The objective of this research is to find out empirically whether the students learning outcomes with contextual approach is higher than students learning outcomes with conventional approach. Based on the theories, concept and a framework of thinking, then formulated the hypothesis that states that the accounting student learning outcomes using a contextual approach is higher than that using the conventional approach. The research was conducted at SMK Negeri 45 Jakarta in odd semester 2012 – 2013 school year for four months from September to December 2012. The research methode used was experimental, with a sample of two classes, each of which are 39 students. The research instrument in the form objective test as many as 45 question with five choices. This instrument is used to determine the learning outcomes of two groups of accounting students, after test the validity and reliability testing. Under test conditions, the data will be normally distributed if L0 < Lt and vice versa if the data is not normally distributed. Normality test data is performed on a conventional approach to contextual approach. The data collected were analyzed using t-test at significance level of 0,05. From the result of t proce data obtained was 4,69 while price t tabel is 1,68. This means the price of the calculation t is greater than t tabel price, so the price is not significant to reject H0 count. Of a hypothesis test calculations using two different test average (t test) obtained student learning outcomes accounting subjects using a contextual approach X1 = 89,4 more higher than accounting students learning outcomes with conventional approaches, namely X2 = 85. Conclusion the above gives a sense that the contextual approach can improve the learning outcomes of accounting students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Santi Susanti, S.Pd., M.Ak. ; 2). Ati Sumiati, M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 14651 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2022 07:00
Last Modified: 02 Aug 2022 07:00
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32192

Actions (login required)

View Item View Item