HUBUNGAN ANTARA INTERAKSI SOSIAL DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA DI SMK GITA KIRTTI 2 JAKARTA

NUR WAJRIYANI, . (2013) HUBUNGAN ANTARA INTERAKSI SOSIAL DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA DI SMK GITA KIRTTI 2 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
NUR WAJRIYANI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara Interaksi Sosial dengan Prestasi Belajar pada Siswa di SMK Gita Kirtti 2 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah menengah Kejuruan (SMK) Gita Kirtti 2 Jakarta. Penelitian dilakukan selama lima bulan terhitung sejak bulan Juli sampai November 2012. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa di SMK Gita Kirtti 2 Jakrata sebanyak 315 orang, dan Populasi terjangkau dari penelitian ini adalah siswa kelas XII yang berjumlah 70 orang dengan taraf kesalahan 5% sehingga sampel untuk penelitian diambil sebanyak 58 orang dengan menggunakan metode acak sederhana (simple random sampling). Untuk menjaring data kedua variabel penelitian, instrumen yang digunakan untuk variabel X (Interaksi Sosial) adalah data primer berbentuk kuosioner dan Variabel Y (Prestasi Belajar) adalah data sekunder. Sebelum digunakan, dilakukan uji validitas konstruk (Construct Validity) melalui proses validasi yaitu perhitungan koefisien korelasi skor butir dengan skor total dan uji reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Hasil reliabilitas instrumen X (Interaksi Sosial) sebesar 0,919. Uji persyaratan analisis dilakukan dengan mencari persamaan regresi yang didapat adalah Ŷ = 43,29+ 0,388 X.. Hasil uji normalitas liliefors menghasilkan Lhitung = 0,049 sedangkan Ltabel untuk n = 58 pada taraf signifikansi 0,05 adalah 0,116 Karena Lhitung < Ltabel maka variabel X dan Y berdistribusi normal. Pengujian hipotesis dengan uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung = 22,57 > Ftabel = 4,02 yang berarti persamaan regresi tersebut signifikan. Uji kelinieran regresi menghasilkan Fhitung = 0,52 < Ftabel = 1,89 sehingga disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut linier. Uji koefisien korelasi product momen menghasilkan rxy = 0,536 Selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan uji-t, menghasilkan thitung = 4,75 > ttabel = 1,67. Hasil penelitian tersebut menyipulkan bahwa terdapat hubungan positif antara Interaksi Sosial dengan Prestasi Belajar. Dengan uji determinasi atau penentu diperoleh hasil 28,72% variabel Prestasi Belajar (Y) ditentukan oleh Interaksi Sosial (X). ***** This research conducted to know the correlation between social interaction with learning achievement of student in Gita Kirtti 2 Jakarta Vocational School Jakarta. Research was conducted during the five months from July to November2012. The method of research is survey method with correlation approach. The populations research was all of student with total 315 student, while the reach of populations were student in class XII with total 70students, with 58 students for simple random sampling. For collecting a both of research variable data, instrument that used for X variable data (social interaction) using kuosioner with likert scale and Y variable data (Learning Achievement ) using secondary data from company. Before used, thaat it has construct validity test by validation process, that is correlation test using Alpha Cronbach formula. Reliability X variable (social interaction) is 0,919. The analysis test by finding regression equations, that is Ŷ = 43,29 + 0,388 X. After that data normality test by using liliefors formula and teh result is Lcount = 0,049. in significant level 0,05 and Ltable = .0,116 so Lcount < Ltable. Mean that the mistake of prediction regression Y to X has normal distribution. For regresion significance test and the result is, Fcount (22,57) > Ftable (4,02) Showing that, it has significance regression. While regression linearity test Fcount (0,52) < Ftable (1,89) showing that, is rxy = 0,536 continued by using correlation coefficient significance test with t-test. Counting result tcount = 4,75 > ttable = 1,67 and so, tcount > ttable. It means that there are significance and positive correlations between social interaction with learning achievement. The conclusion of the research have shown that there is a positive correlations between social interaction withlearning achievement. With determination coefficient test is 28,72 %, it means that learning achiement variable (Y) determined by social interaction variable (X).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Henry Eryanto, M.M. ; 2). Dra. Sri Zulaihati, M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 14651 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2022 07:00
Last Modified: 02 Aug 2022 07:00
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32194

Actions (login required)

View Item View Item