PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERPEN SISWA KELAS VII SMP LABSCHOOL JAKARTA

Kristini Natalia, . (2016) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING LEARNING) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS CERPEN SISWA KELAS VII SMP LABSCHOOL JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI KRISTINI NATALIA 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerita Pendek Siswa Kelas VII SMP Labschool Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group dan memiliki jumlah sampel 60 orang siswa. Teknik analisis data dengan menggunakan uji-t yang kemudian dilanjutkan dengan uji Fisher. Hasil perhitungan uji-t yang dilakukan pada skor posttest antara kelas kontrol dan kelas eksperimen menunjukkan bahwa skor t hitung sebesar t hitung 3,75> t tabel 1,67 dengan db 46 dan p sebesar 0,000. taraf signifikansi α = 0.05. Karena t hitung > t tabel berarti H1 diterima. Skor p lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (0,000 < 0,050) Karena F hitung < F tabel maka data dinyatakan homogen. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Pengaruh pendekatan kontekstual (contextual teaching and learning) berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks cerita pendek siswa kelas VII SMP Labschool Jakarta. Hasil penilaian menunjukkan aspek orientasi dan alur merupakan aspek yang memiliki pencapaian nilai paling tinggi dari aspek yang lain. Pencapaian kedua aspek tersebut menunjukkan 80% siswa sudah mengerti mengenai aspek amanat dan unsur kebahasaan pada saat kegiatan posttest di kelas eksperimen. Sedangkan, aspek ejaan dan tanda baca merupakan aspek yang memiliki pencapaian nilai paling rendah dari aspek yang lain yaitu sebesar 50%. Berdasarkan hasil di atas, pendekatan kontekstual dapat dijadikan sebagai pendekatan yang baik untuk pembelajaran teks cerita pendek, selain itu, dapat diimplikasikan terhadap materi pembelajaran teks laporan hasil observasi pada kompetensi dasar 3.2 dan 4.2. Guru disarankan melakukan persiapan yang tepat dan matang agar tidak memakan waktu yang lama, agar penggunaan pendekatan kontekstual dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). N. Lia Marliana, S.Pd, M.Phil. (Ling), ; 2). Dra. Sri Suhita, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Kesusastraan > Sastra Indonesia
Divisions: FBS > S1 Sastra Indonesia
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2020 11:46
Last Modified: 30 Jan 2020 11:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3221

Actions (login required)

View Item View Item