RATNA GUSNITASARI, . (2013) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN INTELEKTUAL (IQ) DENGAN PENYESUAIAN SOSIAL SISWA DI SMA MUHAMMADIYAH 5 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
skripsi ratna_compressed.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara kecerdasan intelektual (IQ) dengan penyesuaian sosial pada SMA Muhammadiyah 5 Jakarta. Metode dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan data ex post facto dan pendekatan korelasional. Data kecerdasan intelektual (IQ) diambil dari hasil tes yang telah dilakukan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini secara sampling berimbang (Propotional Random Sampling). Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa SMA Muhammadiyah kelas X tahun ajaran 2012-2013 yang berjumlah 48 siswa, terdiri dari 2 kelas dan sampel yang digunakan berdasarkan table isacc dan michael adalah 40 siswa, diambil 21 dan 19 siswa untuk masing-masing kelas. Persamaan regresi dalam penelitian ini adalah Ŷ = 77,18 + 0,40X. Dari persamaan tersebut, dilakukan uji persyaratan analisis dengan uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji liliefors didapat Lo < Lt (0,0551 < 0,1401). Hal itu berarti data berdistribusi normal. Pada uji kelinieran regresi didapat hasil Fh < Ft (-0,90<2,19) yang dapat disimpulkan bahwa model regresi berbentuk linier. Sedangkan untuk uji keberartian didapat Fh > Ft (6,12 > 4,10) yang menandakan bahwa persamaan regresi signifikan. Hasil uji koefisien korelasi dengan menggunakan product moment dari Pearson diperoleh nilai rxy = 0,373. Hal ini berarti terdapat hubungan yang positif antara kecerdasan intelektual (IQ) dengan prestasi belajar siswa pada SMA Muhammadiyah 5 Jakarta. Dari perhitungan uji-t didapat thitung > ttabel, yaitu 2,48 > 1,70 yang menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara variabel X kecerdasan intelektual (IQ) dengan variable Y penyesuaian sosial siswa SMA Muhammadiyah 5 Jakarta. Dari hasil perhitungan diperoleh koefisien determinasi 13,91% sehingga dapat dikatakan bahwa variable Y penyesuaian sosial ditentukan oleh variable X kecerdasan intelektual (IQ). Dapat disimpulkan penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan intelektual (IQ) dengan penyesuaian sosial siswa di SMA Muhammadiyah 5 Jakarta. Kecerdasan intelektual (IQ) yang merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi penyesuaian sosial patut untuk dikembangkan sehingga diharapkan siswa mendapat penyesuaian sosial yang maksimal. Untuk peneliti selanjutnya diharapkan mengembangkan penelitian ini dengan menggunakan sampel yang lebih banyak atau dengan menambah variabel lain yang menjadi salah satu faktor yang berpengaruh terhadap penyesuaian sosial seperti moral, kematangan emosi. Diharapkan melakukan variasi tempat penelitian, di sekolah menengah kejuruan, sekolah menengah pertama, atau dasar. ***** This research conducted to describe the correlation between intellectual intelligence (IQ) with social adjustment at SMA Muhammadiyah 5 Jakarta. This research uses the quantitative research with an ex post facto data and a correlation approach. The data of intellectual intelligence (IQ) derived from the test in the school, while proportional random sampling is research techniques. The attainable populations are the students of SMA Muhammadiyah 5 Jakarta, class X school year of 2012-2013, consist of two classes with 48 students in total. Based on Isaac and Michael table, sample used in this research are 40 students, with 21 and 19 students of each class. Regression equations result is Ŷ = 77,18 + 0,40X. By virtue of that equation, normality test by using liliefors test results, Lo < Lt (0,0551 < 0,1401). It shows that the data had been normally distributed. For linearity regression test, the result is Fh < Ft ((-0,90<2,19), so, it indicated that the data had been linear. While for the regression significant test, the result is Fh > Ft (6,12 > 4,10). It indicated that the data had been significant. The result of correlation coefficient test of product moment by Pearson is rxy = 0,373, which it means there is a positive correlation between intellectual intelligence (IQ) with social adjustment. The calculation of t-test showed that taccount > ttable, 2,48 < 1,70. It shows there is a significance correlation between intellectual intelligence (IQ) with social adjustment at SMA Muhammadiyah 5 Jakarta. The calculation of determination coefficient test results 13,91%, so that the social adjustment effected by the intellectual intelligence (IQ) at the rate of 13,91%. Can be concluded this study shows that there is a positive and significant relationship between intellectual intelligence (IQ) and social adjustment at SMA Muhammadiyah 5 Jakarta. Intellectual intelligence (IQ) is one of the factors affecting social adjustment so hopefully students can earn a maximum of social adjustment. For researchers are expected to develop this research further by using more samples or by adding another variable that becomes one of the factors that influence social adjustment such as attitude,emotional marturity. Expected to perform a variety of research, in high school or middle school or elementary school.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Sri Zulaihati, M. Si ; 2). Ati Sumiati, M. Si, |
Subjects: | Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Users 14651 not found. |
Date Deposited: | 03 Aug 2022 02:03 |
Last Modified: | 03 Aug 2022 02:03 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32210 |
Actions (login required)
View Item |