HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MELAKSANAKAN PROSES ADMINISTRASI TRANSAKSI DI SMKN 10 JAKARTA

RYAN ANDIKA SULARTO, . (2013) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MELAKSANAKAN PROSES ADMINISTRASI TRANSAKSI DI SMKN 10 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
RYAN ANDIKA SULARTO.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Hubungan Antara Motivasi Berprestasi dengan Hasil Belajar Melaksanakan Proses Administrasi Transaksi Siswa SMK Negeri 10 Jakarta. Studi Pada Kelas XI Jurusan Pemasaran. Penelitian ini dilakukan selama empat bulan terhitung mulai dari bulan Maret 2013 hingga bulan Juni 2013. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik acak sederhana dan acak proporsional. Dalam hipotesis penelitian ini terdapat hubungan positif antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar melaksanakan proses administrasi transaksi siswa, makin tinggi motivasi berprestasi siswa maka semakin meningkat pula hasil belajar melaksanakan proses administrasi transaksi siswa. Hipotesis tersebut di uji dengan menggunakan uji analisis korelasi product moment dari Karl Pearson dan uji-t untuk mengetahui keberartian korelasi kedua variabel serta koefisien determinasi untuk mengetahui besarnya kontribusi variabel X terhadap variabel Y. Uji persyaratan analisis yang dilakukan adalah dengan mencari persamaan regresi yang didapat adalah Ŷ = 52,67 + 0,202X . Hasil uji normalitas Lilliefors menghasilkan Lhitung = 0,0956 sedangkan Ltabel untuk n = 58 pada taraf signifikan 0,05 adalah 0,116 . Karena Lhitung < Ltabel maka variabel X dan Y berdistribusi normal. Pengujian hipotesis dengan uji keberartian regresi menghasilkan Fhitung (62,09) > Ftabel (4,02) yang berarti persamaan regresi tersebut signifikan. Uji kelinieran regresi menghasilkan Fhitung (0,72) < Ftabel (1,90) sehingga disimpulkan bahwa persamaan regresi tersebut linier. Uji koefisien korelasi product moment menghasilkan rhitung = 0,725 Selanjutnya dilakukan uji keberartian koefisien korelasi dengan menggunakan ujit, menghasilkan thitung (7,88) > ttabel (1,68). Hasil penelitian tersebut menyimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar siswa. Dengan uji koefisien determinasi atau penentu diperoleh hasil 52,58% variabel hasil belajar melaksanakan proses administrasi transaksi siswa (Y) ditentukan oleh motivasi berprestasi (X). ***** This study aims to determine whether there is the Relationship Between Achievement Motivation with Learning Outcomes Student Conduct Administration Process Transaction SMK Negeri 10 Jakarta. Studies In Class XI Marketing Department. The research was conducted during the four months from March 2013 until June 2013. The method used was a survey method with the correlational approach. Sampling technique in this study is simple random technique and proportional random. In this study hypothesized a positive relationship between achievement motivation to the learning outcomes of students carrying out administrative processes transactions, the higher the achievement motivation of students is increasing as well the learning outcomes of students carrying out the administrative process transactions. The hypothesis is tested using the test product moment correlation analysis of Karl Pearson and t-test to determine the significance of the correlation between the two variables, and the coefficient of determination to determine the contribution of variable X to variable Y. Test requirements analysis done is to find the regression equation obtained was Y = 52.67 + 0.202 X. Lilliefors normality test results produced while Lhitung = 0.0956 for n = 58 Ltabel at significance level of 0.05 is 0.116. Because Lhitung <Ltabel the variables X and Y are normally distributed. Testing the hypothesis by testing the significance of regression produces Fhitung (62.09) > Ftabel (4.02) which means that the regression equation significantly. Linearity regression test produces Fhitung (0,72) <Ftabel (1.90) thus concluded that the linear regression equation. Product moment correlation coefficient test result rhitung = 0.725 is then performed to test the significance of the correlation coefficient using t-test, yielding thitung (7,88) > ttabel (1,68). Results of these studies concluded that there is a positive relationship between achievement motivation with students' learning outcomes. With a coefficient of determination or determining test results obtained 52.58% variable learning outcomes of students carrying out the administrative process transactions (Y) is determined by achievement motivation (X).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Corry Yohana, M.M. ; 2). Drs. Nurdin Hidayat, M.M., M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 14651 not found.
Date Deposited: 03 Aug 2022 06:52
Last Modified: 03 Aug 2022 06:52
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32262

Actions (login required)

View Item View Item