HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN PENYESUAIAN DIRI SISWA JURUSAN AKUNTANSI SMK NEGERI 3 JAKARTA

SINTA NURYANTI, . (2013) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN PENYESUAIAN DIRI SISWA JURUSAN AKUNTANSI SMK NEGERI 3 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI SINTA NURYANTI_compressed.pdf

Download (3MB)

Abstract

Proses penyesuaian diri yang ada dalam kegiatan belajar tidak selalu berjalan dengan baik. Salah satu hal yang mempengaruhinya adalah motivasi berprestasi. Oleh karena itu penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui bahwa penyesuaian diri siswa dapat diprediksi melalui adanya suatu motivasi berprestasi yang dimiliki oleh masing-masing siswa. Penelitian ini akan dilakukan pada SMK Negeri 3 Jakarta. Populasi terjangkau yang berjumlah 69 orang siswa diambil dari siswa kelas XI jurusan Akuntansi yaitu XI Akuntansi 1 dan XI Akuntansi 2. Berdasarkan tabel Isaac dan Michael dengan tingkat confidency 95% dan tingkat kesalahan sebesar 5% terhadap populasi terjangkau, maka sampel yang diambil sebesar 55 orang siswa. Penelitian ini akan menggunakan metode survey dengan pendekatan korelasional. Motivasi berprestasi dan penyesuaian diri diukur dari beberapa indikator dan perolehan data menggunakan kuesioner (angket) yang berbentuk skala Likert. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan, diperoleh persamaan regresi linier Ŷ = 90,06 + 0,44X di mana a = 90,06 dan b = 0,44. Untuk hasil perhitungan uji normalitas data dapat diperoleh nilai Lhitung terbesar 0,0665 dan Ltabel 0,119 sehingga dapat disimpulkan bahwa galat taksiran regresi Y atas X berdistribusi normal. Hasil perhitungan menunjukkan (Fh) 0,38 < (Ft) 1,94. ini berarti Ho diterima dan model regresi linier. Berdasarkan hasil perhitungan Fo sebesar 12,70 dan Ft adalah 1,03 yang berarti Ho ditolak dan sampel dinyatakan memiliki regresi berarti. Selain itu, hasil perhitungan diperoleh rxy = 0,4387 yang menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara Motivasi Berprestasi dengan Penyesuaian Diri. Hasil perhitungan diperoleh thitung 3,55 sedangkan ttabel 1,68 berarti Ho ditolak sehingga korelasi antara variabel X dan variabel Y adalah positif dan signifikan. Hasil perhitungan diperoleh koefisien determinasi sebesar 0,1925 sehingga dapat dikatakan bahwa variabel Y Penyesuaian Diri ditentukan oleh variabel X Motivasi Berprestasi sebesar 19,25 % dan sisanya ditentukan oleh variabel X lainnya ***** Adjustment process in the learning activities do not always go well. One of the things that influence is achievement motivation. Therefore, the purpose of this research is to determine that the adjustment of students can be predicted by the existence of an achievement motivation possessed by each student. This research will be conducted at State Vocational Secondary School 3 Jakarta. Affordable population numbering 69 students were taken from the students of class XI in Department of Accounting are Accounting 1 and 2. According to the table with Isaac and Michael with confidency rate of 95% and an error rate of 5% of the population is affordable, then the samples taken by 55 students. This research will use a survey method with the correlational approach. Achievement motivation and adjustment as measured by various indicators and data acquisition using a questionnaire in the form of Likert scale. Based on the calculation, obtained by linear regression equation Y = 90,06 + 0.44 X where a = 90,06 and b = 0,44. For the calculation of normality test data can be obtained Lhitung greatest value 0,0665 and Ltabel 0,119 so it can be concluded that the error on the estimated regression Y on X is normally distributed. The calculations show (Fh) 0,38 < (Ft) 1,94. This means that Ho is accepted and linear regression models. Based on the calculation of Fo 12,70 and Ft 1,03 which means that Ho is rejected and the sample declared having the regression mean. In addition, the calculation results obtained rxy = 0,4387 which indicates that there is a positive relationship between Achievement Motivation with Adjustment. Calculation results obtained thitung 3,55 but ttabel 1,68 mean while Ho is denied that the correlation between variables X and Y are positive and significant. Calculation results obtained coefficient of determination of 0,1925 so it can be said that the variable Y Adjustment determined by the variable X Achievement Motivation by 19,25% and the rest is determined by other X variables.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Mardi ; 2). Erika Takidah, S.E., M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 14651 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2022 00:19
Last Modified: 04 Aug 2022 00:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32276

Actions (login required)

View Item View Item