HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI DI SMK NEGERI 3 JAKARTA

SRI SUPRIATININGSIH, . (2013) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN GAYA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI DI SMK NEGERI 3 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi_Sri Supriatiningsih_pendidikan akuntansi 2009.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pengetahuan berdasarkan data dan fakta yang valid serta dapat dipercaya untuk mengetahui hubungan antara Motivasi belajar dan Gaya belajar terhadap Hasil Belajar produktif Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 3 Jakarta. Penelitian ini dilakukan dengan metode survey dengan pendekatan korelasi. Populasi target dalam penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 3 Jakarta yang berjumlah 558 siswa. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri Jakarta yang berjumlah 78 siswa. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 65 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Propotional Random Sampling. Instrument yang digunakan dalam bentuk kuesioner dengan 33 pernyataan untuk motivasi belajar dan 30 pernyataan untuk gaya belajar. Sedangkan hasil belajar diperoleh langsung dari guru yang bersangkutan. Dari syarat uji penelitian, data yang didapat dinyatakan linier dan berdistribusi normal dengan persamaan regresi ganda Dengan melihat tes secara simultan melalui table ANOVA dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama antara kedua variable independen, dimana sebesar 4,812 dan sebesar 3,15. Lalu secara parsial gaya belajar tidak mempengaruhi hasil belajar yang ditunjukkan oleh (-2,873) yang lebih kecil daripada (1,998). Sedangkan motivasi belajar mempengaruhi hasil belajar yang ditunjukkan oleh (2,118) lebih besar daripada (1,998). Berdasarkan table summary, didapat koefisien korelasi sebesar 0,367 yang artinya hubungan antara variable dependen dengan variable independen memiliki hubungan yang lemah. Perhitungan koefisien determinasi diperoleh hal ini berarti 13,4% hasil belajar ditentukan oleh motivasi belajar dan gaya belajar, sisanya dipengaruhi oleh factor lain. Model regresi berganda bebas dari asumsi klasik dengan melihat hasil toleransi sebesar 0,873 (toleransi >0,1) dan VIF sebesar 1,146 (VIF<10) maka dapat dikatakan bahwa model regresi bebas dari masalah multikolinieritas. Lalu, untuk menentukan bahwa model regresi bebas dari heterokedastasitas, dapat melihat dari sebaran titik-titik variable yang menyebar di atas dan di bawah angka 0 pada sumbu Y, maka ini menunjukkan bahwa model regresi bebas dari masalah heterokedastasitas. Sedangkan untuk uji autokorelasi dapat dilihat dari nilai Durbin Watson. Nilai Durbin Watson pada persamaan ini adalah 1,489 yang berada diantara DU-(4-DU), hal ini menunjukkan bahwa tidak terjadi masalah autokorelasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara motivasi belajar dan gaya belajar dengan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 3 Jakarta. ***** This research aimed to gain knowledge based on data and facts are valid and can be trusted to know the relationship between learning motivation and learning styles of the Learning Outcomes productive Accounting Accounting Class X SMK Negeri 3 Jakarta. This was a correlational research with a survey method. The target populations were students of SMK Negeri 3 Jakarta amounting to five hundred fifty eight students. Affordable in the study population were students of SMK Negeri Jakarta X Accounting totaling 78 students. The samples was gotten by using Propotional Random Sampling. Therefore, sixty five students were taken as the sample. the instruments used were a questionnaire with thirty three statements to learning motivation and thirty statements to learning styles. Meanwhile, the learning results were obtained directly from the teacher. In the term of research trials, the data obtained were linier and normally distributed by multiple regretion equation By observing at the test simultaneously throught ANOVA table, it was discovered that there was a significant impact jointly between the two independent variables, in which was 4,812 and was 3,15. Then, it was also partially obtained that learning styles did not give some effect to the learning result as shown by (-2,783) which is smaller than (1,998). On the other hand, learning motivation gave an effect to the learning result, in which (2,118) which is higher than (1,998). Based on the summary table, correlational coefficient obtained was 0,367. It meant that the correlatin between the dependent variable and independent variable only had a weak correlation. The calculation of the coefficient of determination was = 0,134. It showed that 13,4% of learning result were determined by the learning motivation and learning styles, and the rest were determined by the other factors. Multiple regression model was free from the classical assumptions by seeing the tolerance of 0,873(tolerance > 0,1) and VIF 1,146 (VIF < 10). So, it can be said that the regression model was free of multicollinearity problem. Then, to determine that the regression model was free of heteroscedasticity problem, the distribution of variable points which spread above and below the 0 on the axis can be seen. The autocorrelation test can be seen from the Durbin Watson value. The Durbin Watson value on this equation was 1,489 which is between Du – (4-DU), this suggests that there is no autocorrelation problem. In short, the research result showed that there was a correlation between learning motivation and learning styles toward the productive of accounting result of x (ten) accounting class students of smk negeri 3 jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Sri Zulaihati, M.Si. ; 2). Erika Takidah, M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Users 14651 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2022 00:23
Last Modified: 04 Aug 2022 00:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32284

Actions (login required)

View Item View Item