FENOMENA JOKI THREE IN ONE SEBAGAI ALTERNATIF PEKERJAAN INFORMAL PADA MASYARAKAT MIGRAN : (Studi Pada Joki Three In One di Jalan Pintu Satu, Senayan, Jakarta Pusat)

MAULIDA RAHMANITA, . (2013) FENOMENA JOKI THREE IN ONE SEBAGAI ALTERNATIF PEKERJAAN INFORMAL PADA MASYARAKAT MIGRAN : (Studi Pada Joki Three In One di Jalan Pintu Satu, Senayan, Jakarta Pusat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
FENOMENA JOKI THREE IN ONE SEBAGAI ALTERNATIF PEKERJAAN INFO.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana masyarakat migran memilih bekerja sebagai joki three in one. Pada bagian ini penulis ingin mencari informasi seputar alasan mereka menjadi joki three in one di Jalan Pintu Satu Senayan, padahal kota telah menawarkan berbagai macam jenis pekerjaan. Tujuan kedua, untuk mengetahui bagaimana strategi para joki three in one tersebut untuk dapat bertahan sebagai upaya mempertahankan peluang bisnis yang menjanjikan tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Penelitian ini dilakukan di jalan Pintu Satu Senayan, Jakarta Pusat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan langsung dan wawancara kepada beberapa informan. Informan dalam penelitian ini berjumlah sepuluh informan yang terdiri dari enam orang joki three in one sebagai informan utama dan empat orang sebagai informan kunci. Wawancara yang dilakukan adalah wawancara mendalam dan sambil lalu dan pengamatan yang dilakukan adalah pengamatan terlibat. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa bekerja sebagai joki three in one merupakan suatu pilihan rasional bagi masyarakat migran. Hal ini sesuai dengan teori pilihan rasional oleh James S. Coleman yaitu tindakan seseorang yang mengarah pada tujuan, dimana tujuan itu ditentukan oleh nilai. Oleh karena itu, para joki melakukan pekerjaan tersebut walaupun melanggar peraturan tetapi menghasilkan pendapatan. Adapun yang dimaksud dengan nilai adalah kebebasan dalam bekerja dan peluang bisnis. Mereka menyiasati peraturan tersebut yaitu sebagai joki three in one untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup. Memilih bekerja sebagai joki tentunya berdasarkan pertimbangan yaitu tingkat pendidikan, akses lapangan pekerjaan terbatas, tidak ada target, tidak ada yang mengatur dan hal yang paling menarik yaitu pendapatan joki three in one yang menjanjikan. Salah satu strategi para joki agar tetap bertahan yaitu dengan menjalin kerjasama yang baik sehingga akan tercipta kepercayaan pengguna jasa terhadap joki tersebut. Kerjasama yang dibangun baik antar sesama joki maupun pengguna jasa. Kerjasama itu menyebabkan seorang joki mempunyai pelanggan tetap dan pendapatan tetap pula setiap harinya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ciek Julyati Hisyam, MM.,M.Si. ; 2). Abdil Mughis, M.Si.
Subjects: Ilmu Kedokteran > Teknik, Prosedur,Perlengkapan Medis > Kesehatan Masyarakat
Divisions: FIS > S1 Sosiologi
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2022 06:43
Last Modified: 04 Aug 2022 06:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32317

Actions (login required)

View Item View Item