PERAN KULTUR AKADEMIS HIMPUNAN MAHASISWA ISLAM SEBAGAI BUDAYA ORGANISASI DALAM MEMBENTUK INSAN : (Studi HMI Kordinator Komisariat Universitas Negeri Jakarta) AKADEMIS

MUHAMAD ZAKY ALBANA, . (2013) PERAN KULTUR AKADEMIS HIMPUNAN MAHASISWA ISLAM SEBAGAI BUDAYA ORGANISASI DALAM MEMBENTUK INSAN : (Studi HMI Kordinator Komisariat Universitas Negeri Jakarta) AKADEMIS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang bagaimana sesungguhnya peran dari salah satu organisasi mahasiswa terbesar dan tertua di Indonesia yaitu HMI (Himpunan Mahasiswa Islam). Sebagai salah satu organisasi yang telah banyak melahirkan tokoh-tokoh politik tentu HMI sering di identikan dengan kultur politiknya. Namun sebenarnya banyak orang yang kurang mengetahui bahwa selain kultur politik itu sendiri, kultur akademis juga banyak mempengaruhi kader-kader HMI. Sebagai buktinya banyak akademisi-akademisi ternama di Indonesia yang merupakan kader dan alumni HMI. Dengan mengambil studi kasus HMI Korkom UNJ, penulis ingin mencari tahu sejauh mana dan bagaimana peran dari HMI Korkom UNJ dalam mengembangkan kultur akademis. Penulis menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan mengikuti berbagai macam kegiatan yang dilakukan oleh HMI Korkom UNJ. Informan utama penelitian ini terdiri dari ketua , mantan ketua dan alumni HMI Korkom UNJ. Sedangkan untuk mendapatkan pandangan obejektif tentang HMI Korkom UNJ, peneliti juga mewawancarai mahasiswa yang menjadi kader HMI dan mahasiswa non-HMI. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara ikut langsung dalam kegiatan HMI Korkom UNJ, wawancara dan studi pustaka/dokumen. Konsep yang digunakan adalah konsep organisasi dan konsep agen-struktur Anthony Giddens yang mengemukakan bahwa struktur merupakan sesuatu yang membentuk aktor-aktor didalamnya. Dimana HMI sebagai organisasi berperan dalam membentuk kultur akademis bagi kader-kadernya. Penelitian ini menyimpulkan bahwa HMI Korkom UNJ sesungguhnya memiliki peranan yang cukup signifikan dalam hal kultur akademis dan pembentukan insan akademis. Walaupun masih terbatas pada mahasiswa yang menjadi kader HMI saja. Dalam memahami hal tersebut menggunakan konsep kesadaran Giddens dapat disimpulkan bahwa terjadi proses pembentukan kesadaran pada kader HMI Korkom UNJ. Namun juga ada perubahan orientasi perkaderan HMI dimana saat ini HMI Korkom UNJ lebih menekankan pada aspek kuantitas dibandingkan dengan aspek kualitas dari seorang kader.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Komarudin Sahid, M.Si. ; 2). Abdil Mughis, M.Si.
Subjects: Ilmu Sosial > Komunitas Sosial, Ras dan Kelompok
Divisions: FIS > S1 Sosiologi
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2022 07:01
Last Modified: 04 Aug 2022 07:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32322

Actions (login required)

View Item View Item