PENGARUH SELF-COMPASSION TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL PADA GURU SEKOLAH DASAR LUAR BIASA NEGERI DI JAKARTA

R.A MEGA ADINDA KUSUMA, . (2018) PENGARUH SELF-COMPASSION TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL PADA GURU SEKOLAH DASAR LUAR BIASA NEGERI DI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI FINAL R.A MEGA ADINDA KUSUMA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh self-compassion terhadap kecerdasan emosional pada guru sekolah dasar luar biasa negeri di Jakarta. Teknik sampling purposive digunakan dalam pengumpulan data, dengan sampel sebanyak 70 orang guru sekolah dasar luar biasa negeri. Emotional Intelligence Questionnare digunakan untuk mengukur variabel kecerdasan emosional, sementara Self Compassion Scale (SCS) untuk mengukur variabel self-compassion. Hasil menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan self-compassion terhadap kecerdasan emosional pada guru sekolah dasar luar biasa negeri di Jakarta dengan persamaan regresi Y = 116,514 + 0,574X. Pengaruh self-compassion terhadap kecerdasan emosional sebesar 15%.Implikasi dari penelitian ini adalah guru memiliki perasaan terbuka dan mampu berbelas kasih terhadap diri sendiri ketika menghadapi kesulitan saat mengajar anak berkebutuhan khusus

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Mauna, M.Psi. ; 2). Ratna Dyah Suryaratri, Ph.D.
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FPP > S1 Psikologi
Depositing User: Users 212 not found.
Date Deposited: 07 Feb 2020 11:53
Last Modified: 07 Feb 2020 11:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/3234

Actions (login required)

View Item View Item