UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS GURU PKn MELALUI PELATIHAN PTK

WENY RAMADIANA, . (2013) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS GURU PKn MELALUI PELATIHAN PTK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS GURU PKn MELALUI PELATIHAN PTK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data mengenai peningkatan keterampilan menulis guru melalui pelatihan PTK yang dilakukan pada bulan Februari 2013 sampai April 2013. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Skripsi ini bertujuan untuk menjawab dua pertanyaan penelitian yaitu, proses pelatihan Penelitian Tindakan Kelas dalam meningkatkan keterampilan menulis guru serta hasil peningkatan keterampilan menulis guru PKn melalui pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Data penelitian ini keseluruhannya diperoleh dan dihimpun melalui pengamatan, wawancara dan dokumentasi, kemudian data tersebut dianalisis. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa upaya Pusat Sumber Belajar Lembaga Pendidikan Islam Al-Muslim dalam meningkatkan keterampilan menulis guru PKn adalah dengan membuat pelatihan Penelitian Tindakan Kelas sesuai dengan kebutuhan guru PKn serta melakukan proses latihan secara terus menerus melalui bimbingan rutin pada minggu kedua dan keempat selama dua bulan. Pelatihan penelitian tindakan kelas dalam meningkatkan keterampilan menulis guru PKn dilakukan dengan proses bimbingan, proses perbaikan, motivasi secara terus menerus, latihan secara berkala setiap minggu. Keterampilan menulis guru PKn ini meningkat dari pembuatan latar belakang hingga menjadi sebuah karya ilmiah. Dalam perjalanan pelatihan ini, hasil penelitian menjadi pembelajaran berguna untuk menjadi sumber analisis oleh guru pada pembelajaran PKn dan selanjutnya memberikan contoh perilaku pada setiap anak bahwa menulis sangatlah penting membangun sebuah etika keilmuan bangsa agar tidak dikucilkan dari pergaulan dunia. ***** This study aims to obtain data on teachers' writing skills improved through training classroom action research conducted in February 2013 to April 2013. This study used a qualitative approach. This study aims to answer two research questions, namely, the process of classroom action research training in improving the writing skills of teachers as well as the resulting increase in writing skills Civics teacher training through classroom action research. The overall research data obtained and collected through observations, interviews and documentation, then the data is analyzed. The results obtained that efforts Resource Centers Institutions Islam Al-Muslim in improving writing skills is to make a Civics teacher training classroom action research in accordance with the requirements and Civics teacher conduct continuous training process through regular guidance on the second and fourth weeks for two months. Classroom action research training in improving the writing skills of teachers Civics done with the guidance, process improvement, continuous motivation, exercise every week. Civics teacher's writing skills increased from manufacturing background to be a scientific paper. In the course of this training, the results of research into learning to be a useful source of analysis by teachers on teaching Civics and then give examples of the behavior of each child that writing is important to build a nation of scientific ethics that not ostracized from the social world.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Achmad Husen, M. Pd, ; 2). Yuyus Kardiman, M. Pd
Subjects: Ilmu Politik > Ideologi Politik
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2022 02:57
Last Modified: 05 Aug 2022 02:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32358

Actions (login required)

View Item View Item