IMPLIKASI STEREOTYPE SOSIAL DI BALIK TRYOUT SOSIOLOGI KELAS XII IPS

WIDYA PURNAMA SARI, . (2013) IMPLIKASI STEREOTYPE SOSIAL DI BALIK TRYOUT SOSIOLOGI KELAS XII IPS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Widya Purnama Sari 4815096862.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tryout, tutor sebaya serta layanan klinik peerconcelor telah menjadi kegiatan akademik yang rutin dilakukan setiap hari sabtu dengan intensitas tinggi oleh SMAN 77 Jakarta. Kegiatan tryout ini wajib diikuti oleh para peserta didik mulai dari kelas X, XI hingga mereka kelas XII menjelang ujian nasional. Kegiatan tryout ini merupakan usaha dari pihak sekolah dalam meningkatkan nilai ujian nasional dan menumbuhkan jiwa kompetisi peserta didik dalam bidang akademis, selain itu juga untuk mengetahui apa yang menjadi dasar pengelompokkan kelas pada kegiatan tryout, untuk mengetahui dampak dari penerapan dasar pengelompokkan tryout sosiologi, serta untuk mengetahui bagaimana stereotype sosial terbentuk dalam proses pelaksanaan tryout sosiologi di SMA Negeri 77 Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan deskripsi analisis yang diperoleh dari data primer dan sekunder. Fokus peneliti hanya pada kelas XII IPS saja. Subyek dalam penelitian ini berjumlah 13 orang. Informan terdiri dari sepuluh orang peserta didik. Lima orang yang mendapatkan ruang satu dan lima orang yang mendapatkan ruang enam, juga terdapat guru sosiologi yang sekaligus menjabat sebagai wakasek bidang kurikulum sebagai informan kunci, dan kepala sekolah serta staf TU sebagai informan pelengkap dalam penelitian ini. Temuan penelitian ini yaitu. Pertama, para peserta didik dapat mengaktualisasikan dirinya melalui kegiatan tryout yang dilakukan oleh pihak sekolah. Pada kegiatan tryout ini mereka dapat berlomba-lomba menujukkan kemampuan mereka yang akan diberikan dalam sebuah ruangan yang memiliki prestise tersendiri dikalangan mereka. Stereotype sosial ini timbul setelah terjadinya pengelompokkan ruangan dalam tryout sosiologi. Dari tryout tersebut bahwa peserta didik merasakan adanya stereotype dikalangan mereka, dengan begitu mereka akan berusaha belajar lebih giat lagi demi mendapatkan ruangan yang lebih baik dan menghilangkan citra stereotype itu. Kedua, stereotype yang terjadi dikalangan peserta didik bukan hanya berdampak negatif saja, melainkan dapat pula berdampak positif. Ketiga, evaluasi tryout yang merupakan sebagai latihan persiapan ujian nasional untuk para peserta didik agar memperoleh nilai yang maksimal dan juga mempersiapkan mental, agar mereka jauh lebih siap dalam menghadapi ujian nasional. ***** Tryout, peer tutors and peerconcelor clinical services has become a routine academic activities every Saturday with high intensity by SMA Negeri 77 Jakarta. This tryout must be followed by class X, XI, and XII for welcome national exams. This tryout was a effort of the school for increased national test scores and develop spirit competition of students in the field of academics, more further this tryout also to know what the basic pf grouping classes in tryout activities, to know impact of the application of basic sociological grouping, and to know how social stereotypes was formed in the process of implementation of the tryout sociology at SMA Negeri 77 Jakarta. This study used a qualitative approach with descriptive of the analized by primary and secondary data. The researcher only focused on class XII IPS of SMA Negeri 77 Jakarta. The subjects in this study were 13 peoples. The informants were ten students. Five students got the room one and five others got the room six. There was also a sociology teacher as vice headmaster as key informant, headmaster and TU staff as complement informants in this study. The results show that. The first, the students can be actualize themselves through tryout activities held by school. This tryout activities made the could compete to show them skill that would be gave in the room that has had prestige for them. The social stereotype arise after the room grouping in sociology tryout. From this tryout the students that feel the stereotype. The second, stereotype that become in the students not only nevgative impact, but can be positive impact. Third, tryout evaluation which is becomes a practice to reach anf gains thr high scores and get prepare (mentally) of thr participants and also made them to be ready to faced up the national final examination

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ubedillah Badrun, M. Si ; 2). Ikhlasiah Dalimoenthe, M. Si
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2022 02:58
Last Modified: 05 Aug 2022 02:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32359

Actions (login required)

View Item View Item