MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA (Penelitian Tindakan Kelas Pokok Bahasan Bagian-bagian Tubuh Hewan Anak Tunagrahita Sedang Kelas III SDLBC Budi Waluyo Jakarta Selatan)

AULIA YUHANNA, . (2013) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA (Penelitian Tindakan Kelas Pokok Bahasan Bagian-bagian Tubuh Hewan Anak Tunagrahita Sedang Kelas III SDLBC Budi Waluyo Jakarta Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (77kB)
[img] Text
1. COVER.pdf

Download (15kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (50kB)
[img] Text
3. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (88kB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf

Download (118kB)
[img] Text
11. BAB V.pdf

Download (14kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (66kB)
[img] Text
7. BAB I.pdf

Download (49kB)
[img] Text
8. BAB II.pdf

Download (133kB)
[img] Text
14. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (59kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi secara jelas tentang meningkatkan kemampuan belajar IPA menggunakan media miniatur pada anak kelas III SDLB C Budi Waluyo. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli sampai bulan Desember 2012 semester II yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 8 kali pertemuan.Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya hasil akhir dari siklus 2 terjadi peningkatan prosentase perolehan skor yang diperoleh siswa dalam mengenal bagian-bagian tubuh hewan. Data yang diperoleh sebagai berikut: DA 76 %, ES 70 %, AF 73 %, TN 66 %. Dengan demikian penelitian ini berhasil, terlihat dari adanya peningkatan prosentase kemampua IPA anak. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa setelah diadakan tindakan kelas menggunakan media miniatur dapat membantu kesulitan-kesulitan dalam hal meningkatkan kemampuan IPA siswa tunagrahita dengan baik. The purpose of this study is to obtain clear information about enhancing learning science using the media in a child class III miniature SDLB C Budi Waluyo. This study was conducted from July to December 2012 the second half consisting of 2 cycles. Each cycle consists of 8 sessions, and at a meeting held 8 to learning and evaluation. Before taking action performed initial tests on the 4 students, the results obtained demonstrate to 4 children can not be familiar with the body parts of animals, therefore it is necessary for action research with collaborators classroom teachers. Furthermore, the end of cycle 2 increased the percentage gains scores obtained by students in identifying the body parts of animals. The data obtained were as follows: DA 76%, 70% ES, AF 73%, TN 66%. Thus this research is successful, it is seen from the increase in the percentage of children kemampua IPA. Results of this study proved that after the class action was held using a miniature media can help the difficulties in terms of improving the ability of science students with good mental retardation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Bahrudin M.Pd.; 2). Drs. Nirsantono Hasnul.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2022 06:20
Last Modified: 15 Aug 2022 06:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32410

Actions (login required)

View Item View Item