HUBUNGAN ANTARA DAYA LEDAK OTOT LENGAN DAN KELENTUKAN TOGOK DENGAN KETERAMPILAN EXPLOSIVE A-FRAME PADA ATLET AEROBIC GYMNASTICS KLUB ESTAFET INDONESIA

DINNY ANGGRAINI, . (2013) HUBUNGAN ANTARA DAYA LEDAK OTOT LENGAN DAN KELENTUKAN TOGOK DENGAN KETERAMPILAN EXPLOSIVE A-FRAME PADA ATLET AEROBIC GYMNASTICS KLUB ESTAFET INDONESIA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi dinny.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara daya ledak otot lengan dengan keterampilan Explosive A-Frame, hubungan antara kelentukan togok dengan keterampilan Explosive A-Frame, hubungan antara daya ledak otot lengan dan kelentukan togok dengan keterampilan Explosive A-Frame. Penelitian ini dimulai dari tanggal 01 Juni 2012 sampai dengan 31 Januari 2013, dimana pengambilan data dilakukan pada tanggal 22 Desember 2012 di Rumah Susun Mahasiswa (rusunawa) Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta yang menggunakan metode deskriptif dengan teknik analisa korelasi. Sampel penelitian ini berjumlah 15 orang putra yaitu Atlet Aerobic Gymnastics klub Estafet Indonesia dengan menggunakan cara Purposive Sampling. Pengambilan data dengan cara teknik mengukur dan mencatat hasil dari pengukuran yang benar. Instrumen penelitian ini yaitu tes daya ledak otot lengan dengan menggunakan tes Medicine Ball dengan berat bola 3 kg, tes Kelentukan Togok dengan Standing Flexibility, dan tes keterampilan Explosive A-Frame dengan menggunakan format nilai yang dinilai oleh tiga dewan juri. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan korelasi sederhana dan berganda dilanjutkan dengan uji F pada taraf signifikan α = 0,05, berdasarkan analisis data penelitian diperoleh hasil sebagai berikut: 1). Terdapat hubungan yang berarti antara daya ledak otot lengan dengan keterampilan Explosive A-Frame diperoleh nilai korelasi rX1Y = 0,89 koefisien determinasi = 0,7921 yang berarti sumbangan daya ledak otot lengan terhadap keterampilan Explosive A-Frame sebesar 79,21%. 2). Terdapat hubungan yang berarti antara kelentukan togok dengan keterampilan Explosive A-Frame diperoleh nilai korelasi rX2Y = 0,81 koefisien determinasi = 0,6561 yang berarti sumbangan kelentukan togok terhadap keterampilan Explosive A-Frame sebesar 65,61%, 3). Terdapat hubungan yang berarti antara daya ledak otot lengan dan kelentukan togok dengan keterampilan Explosive A-Frame diperoleh nilai korelasi rX1X2Y = 0,77 koefisien determinasi = 0,5929 yang berarti sumbangan daya ledak otot lengan dan kelentukan togok terhadap keterampilan Explosive A-Frame secara bersama-sama sebesar 59,29%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara daya ledak otot lengan dan kelentukan togok dengan keterampilan Explosive A-Frame pada Atlet Aerobic Gymnastics klub Estafet Indonesia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Fahmy Fachrezzy, M.Pd ; 2). Dr. Yasep Setyakarnawijaya, S.KM.,M.Kes.
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga > Kepelatihan,Manajemen Kepelatihan
Divisions: FIO > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2022 07:08
Last Modified: 15 Aug 2022 07:08
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32469

Actions (login required)

View Item View Item