HUBUNGAN KINESTETIS DAN KOORDINASI MATA TANGAN DENGAN KETEPATAN SERVIS ATAS PADA MAHASISWA PUTRI KLUB BOLAVOLI FORTIUS FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

EKO DIANTORO, . (2013) HUBUNGAN KINESTETIS DAN KOORDINASI MATA TANGAN DENGAN KETEPATAN SERVIS ATAS PADA MAHASISWA PUTRI KLUB BOLAVOLI FORTIUS FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB V BARU .pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB I II III BARU.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV BARU .pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA BARU .pdf

Download (88kB)
[img] Text
KATA PENGATAR .pdf

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR ISI BARU .pdf

Download (93kB)
[img] Text
RINGKASAN BARU .pdf

Download (128kB)
[img] Text
COVER BARU .pdf

Download (56kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui (1) apakah terdapat hubungan antara Kinestetis dengan ketepatan servis Atas, (2) apakah terdapat hubungan antara koordinasi mata-tangan dengan ketepatan servis Atas, (3) apakah terdapat hubungan antara Kinestetis dan koordinasi mata-tangan secara bersama-sama dengan ketepatan servis Atas pada anggota klub bolavoli Putri Fortius Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini dimulai pada tanggal 24 Desember 2012 sampai 07 Januari 2013 di Universitas Negeri Jakarta dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan studi korelasi. Sampel penelitian ini sebanyak 20 orang dengan tehnik pengambilan sampel menggunakan tehnik random sampling. Instrumen penelitian ini yaitu (1) Tes Kinestetis dengan alat Speed Anticipation Reaction menggunakan sekon dengan nilai realibilitas sebesar 0,98. (Lampiran 11: hal. 92). (2) Tes koordinasi mata-tangan dengan SVT Eye-Hand Coordination Trainer menggunakan satuan sekon dengan nilai realibilitas sebesar 0,88. (Lampiran 11: hal. 93).. (3) Tes ketepatan servis Atas dengan tes ketepatan servis dari FRANCH-COOPER dengan nilai realibilitas sebesar 0,91. (Lampiran 11: hal. 93). Analisis data dalam penelitian ini menggunakan tehnik korelasi sederhana dan berganda kemudian dilanjutkan dengan uji t pada taraf signifikan α = 0,05, berdasarkan analisis data penelitian diperoleh hasil data ii sebagai berikut: (1) terdapat hubungan positif antara daya kinestetis dengan ketepatan servis Atas di peroleh nilai korelasi = 0.75 dan koefisien determinasi 0,5625 yang berarti sumbangan Kinestetis dengan ketepatan servis Atas adalah 56,25%, (2) terdapat hubungan yang positif antara koordinasi mata-tangan dengan ketepatan servis Atas dengan nilai korelasi = 0.67 dan koefisien determinasi 0,4489 yang berarti sumbangan koordinasi mata-tangan dengan ketepatan servis Atas adalah 44,89% dan (3) terdapat hubungan yang positif antara Kinestetis dan koordinasi mata-tangan dengan ketepatan servis Atas yang di peroleh nilai = 0.76 dan koefisien determinasi 0,5776 yang berarti sumbangan Kinestetis dan koordinasi matatangan dengan ketepatan servis Atas secara bersama-sama adalah 57,76%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara Kinestetis dan koordinasi mata-tangan dengan ketepatan servis Atas pada anggota klub bolavoli Putri Fortius Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Samsudin,M.Pd ; 2). Heni Widyaningsih, M.SE.
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: FIO > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2022 07:23
Last Modified: 15 Aug 2022 07:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32476

Actions (login required)

View Item View Item