PERBANDINGAN PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI DAN MEDIA VIDEO TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATERI SISTEM KERJA MESIN 4 LANGKAH PADA SISWA SMK N 4 JAKARTA KELAS X OTOMOTIF

ABDIL HAKAM, . (2014) PERBANDINGAN PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI DAN MEDIA VIDEO TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATERI SISTEM KERJA MESIN 4 LANGKAH PADA SISWA SMK N 4 JAKARTA KELAS X OTOMOTIF. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Abdil Hakam 5315080315-compressed.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbandingan Pemahaman Konsep Materi Sistem Kerja Mesin 4 Langkah terhadap Siswa SMK, dengan menggunakan Media Animasi dan Media Video sebagai media pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu. Sampel penelitian sebanyak 2 kelas, dengan jumlah siswa setiap kelas adalah 29 orang, yang diperoleh secara random sampling. Alat ukur penelitian ini mengggunakan instrument berbentuk tes. Sebelum instrument digunakan, dilakukan uji validitas butir, uji reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran. Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Analisa rata – rata nilai pemahaman konsep siswa menggunakan media animasi sebesar 83,448, sedangkan media video sebesar 73,621. Hasil pengujian hipotesis dua kelas dibandingkan menggunakan uji-t memperoleh harga sebesar 4,1288, besar harga t-hitung berada di daerah luar dari daerah penerimaan yaitu 2,00, maka Hipotesis awal Ho ditolak dan Hipotesis Penelitian Ha diterima. Hasil penelitian didapat, pemahaman konsep siswa menggunakan media animasi lebih tinggi dari siswa yang menggunakan media video, dengan materi sitem kerja mesin 4 langkah. Berdasarkan hasil penelitian yang didapat, guru diharapkan menggunakan media animasi sebagai media pembelajaran dengan materi sistem kerja mesin 4 langkah pada siswa SMK kelas X Otomotif. ***** This study aims to know the Comparative of the Understanding of Material Concept of 4 Steps Engine Work System towards Vocational school’s students, by using Media Animation and Media Video as an instructional media. The research method used in this study is a quasi-experiment. Samples are 2 classes, with 29 students in every class, which is obtained by random sampling. The measurement of this study is a test as an instrument. Before using the instrument, the validity test, reliability test, distinguishing features and level of difficulty were conducted. Test requirements analysis used normality and homogeneity tests. The analysis of the understanding score of students’ concept average used media animation for 83.448, while using media video for 73.621. The hypothesis result of two classes that was compared by using t-test gets 4.1288 score, the score of t-count that is in the outer area of the reception area is 2.00. Therefore the first hypothesis Ho is rejected and the Research Hypothesis Ha is accepted. The research result is obtained; the students’ concept understanding of using media animation is higher than the students that used media video, with the Work System of 4 Steps Engine materials. Based on the result of research, teachers are expected to use the media animation as a instructional media with the Work System of 4 Steps Engine materials for the students of class X Automotive at Vocational School.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Hj. Zulfiati, M. Pd ; 2). Prof. Dr. Gaguk Margono, M. Ed
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 14685 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2022 02:09
Last Modified: 16 Aug 2022 02:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/32482

Actions (login required)

View Item View Item